Ticker

6/recent/ticker-posts

Departemen Geografi FIS UNP Gelar Kegiatan Bersama Institute Geography University of Cologne Germany



Departemen Geografi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama dengan Institute Geography University of Cologne Germany mengelar sejumlah kegiatan dalam rangka implementasi PKS yang telah disepakati.


Ketua Departemen Geografi FIS UNP, Dr. Febriandi, S.Pd.M.Si, melaporkan rombongan dari Institute Geography University of Cologne Germany sebanyak 28 orang, terdiri dari 25 mahasiswa S1 di bawah pimpinan rombongan Prof. Dr. Boris Braun. Ikut dalam rombongan tersebut dua Mahasiswa S3, yakni Konstantin Gisevius, M.Sc. dan Ajeng Larasati, M.Sc.


Dilanjutkan Dr Febriandi, kegiatan yang diadakan selama lima hari, 23-27 Februari 2024, diawali dengan Focus Group Discussion (FGD) terkait fenomena Banjir di Daerah Pesisir. FGD dibuka Wakil Rektor III UNP, Yohandri, M.Si., Ph.D, di Aula FIS UNP. 


Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi di Sumbar, yakni: DKP, BMKG, BPBD, DPMD, serta Aparat Kelurahan Air Manis,” ungkap Dr Febriandi dikutip dari laman www.unp.ac.id


Pada hari kedua, lanjut Dr Febriandi, dilakukan Opening Ceremony Outbound/Inbound di Aula FIS, yang dibuka Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan dan Dekanat FIS, dosen dan mahasiswa dari kedua universitas.


Kegiatan pada hari kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi perkuliahan oleh Prof. Dr. Boris Braun dan Konstantin Gisevius, M.Sc. untuk Mahasiswa Departemen Geografi FIS UNP. Sedangkan untuk perkuliahan bagi mahasiswa Institute Geography University of Cologne diberikan oleh Dipo Caesario, ST, MT dan Dr. Triyatno, M.Si terkait dengan materi Geologi dan Geomorfologi, serta Dr. Yurni Suasti, M.Si dan Sri Mariya, S.Pd, M. Pd. terkait materi Kepariwisataan.


Pada hari ketiga dan keempat, ujar Febriandi, dilanjutkan dengan perkuliahan lapangan terkait materi geologi, morfologi, atraksi wisata, serta kegiatan ekonomi masyarakat di Pantai Pasir Jambak, Lembah Anai, Pandai Sikek, dan Panorama, Lobang Jepang, Ngarai Sianok Bukittinggi. 


Pada hari keempat dilakukan kunjungan ke BMKG Padang Panjang. Kuliah lapangan ini dibimbing oleh Dr. Arie Yulfa, M.Sc, Dr. Widya Prarikeslan, M.Si. Risky Ramadhan, S.Pd, M.Si. dibawah pimpinan Dr. Febriandi, S. Pd, M, Si.


“Rangkaian kegiatan ini ditutup Selasa 27 Februari 2024. Harapan kita kegiatan ini bisa berkelanjutan dan juga dapat mendukung kegiatan WCU UNP Padang,” pungkas Dr Febriandi. (*)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS