Ticker

6/recent/ticker-posts

Tim MBKM-Proyek Kemanusiaan Epidemiologi dan Biostatistik FKM Unand Lakukan Penyuluhan Terkait HIV/AIDS di LPKA Tanjung Pati

 

Oleh: Fadilah Yauma mahasiswa universitas Andalas Padang 



Salah satu populasi berisiko terinfeksi HIV/AIDS adalah remaja. Hal ini terjadi karena pemahaman mengenai kesehatan reproduksi dan seksualitas yang masih kurang. Perubahan fisik dan mulai berfungsinya organ reproduksi pada remaja terkadang dapat menimbulkan berbagai permasalahan, termasuk yang khususnya berkaitan dengan organ seksual. Tak jarang remaja bereksperimen dan melakukan hubungan seks pranikah dikarenakan keingintahuan mereka terhadap seks.

Salah satu intervensi dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS adalah melalui kegiatan penyuluhan kesehatan. Selain penyuluhan kesehatan, dapat dilakukan juga intervensi berupa pemanfaatan media promosi kesehatan seperti banner. Dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai bahaya HIV/AIDS, maka tim MBKM-Proyek Kemanusiaan Epidemiologi dan Biostatistik FKM Unand melakukan kegiatan penyuluhan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada Rabu, 20 Desember 2023, kegiatan ini diikuti oleh pimpinan LPKA Kelas II Tanjung Pati dan remaja laki-laki yang memiliki usia di rentang 14-19 tahun. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman warga binaan LPKA Kelas II Tanjung Pati terkait pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Kegiatan penyuluhan ini mengangkatkan tema “Selamatkan Generasi Muda Indonesia dari Bahaya Penyakit AIDS dengan Edukasi Remaja Sejak Dini”, kegiatan ini disambut baik oleh pihak LPKA Kelas II Tanjung Pati, hal ini ditandai dengan pihak LPKA Kelas II Tanjung Pati menjadi mitra yang berpartisipasi aktif dan responsif serta menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini.

Dalam pelaksanaan penyuluhan ini, tim juga melakukan pretest dan posttest sebagai indikator untuk melihat sejauh mana pemahaman peserta penyuluhan, dari hasil yang didapatkan menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan. Sebagai bentuk apresiasi kepada LPKA Kelas II Tanjung Pati, tim menyerahkan banner terkait HIV/AIDS yang didesain langsung oleh tim, dalam hal ini selain apresiasi juga sebagai kenang-kenangan kepada LPKA Kelas II Tanjung Pati karena telah bersedia bekerja sama dengan tim MBKM-Proyek Kemanusiaan Epidemiologi dan Biostatistik FKM Unand.

            Harapannya dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat menambah serta meningkatkan pengetahuan warga binaan LPKA Kelas II Tanjung Pati terkait pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS sehingga dapat mengurangi risiko terinfeksi HIV serta dapat membantu pemerintah terkhusus di sektor kesehatan dalam hal capain SPM bidang Kesehatan. Tim MBKM-Proyek Kemanusiaan Epidemiologi dan Biostatistik kelompok 4 ini berada di bawah bimbingan Ibu Vivi Triana, S.K.M., M.P.H. dan diketuai oleh Muhammad Ilham Basgoro yang beranggotakan Adilla Eka Hidayati, Fadilah Yuma Zahara, Fajriani Dwi Wahyuni, dan Nur Dinie Assyifa.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS