Ticker

6/recent/ticker-posts

Penggunaan Kunci Determinasi Digital dalam Identifikasi Tumbuhan Lumut: Tren Baru dalam Botani

 


Nada Maiza Arpita dan Mildawati

 

Di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat ini, penggunaan media digital atau elektonik banyak dikembangkan untuk mempermudah kegiatan penelitian dan pembelajaran. Salah satu teknologi digital yang sudah mulai diterapkan di bidang  taksonomi tumbuhan adalah penggunaan website atau media digital dalam mengidentifikasi berbagai jenis tumbuhan. Salah satunya adalah kunci determinasi elektronik atau digital. Kunci determinasi iniberupa aplikasi berbasis website yang dapat diakses melalui berbagai macam perangkat seperti komputer, maupun ponsel.

Kunci determinasi merupakan suatu cara kunci determinasi adalah uraian keterangan tentang ciri-ciri makhluk hidup yang disusun secara berurut mulai dari ciri umum hingga ke ciri khusus untuk menemukan suatu jenis makhluk hidup. Sedangkan kunci determinasi digital disajikan dalam bentuk online atau offline pada sebuah website. Kunci determinasi digital memiliki kelebihan dengan bentuk yang sederhana dan praktis, dapat dengan mudah diakses menggunakan komputer maupun smartphone karena aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman berbasis website. Oleh karena itu penggunaan kunci determinasi digital dalam pengelompokan tumbuhan lumut sangat disarankan untuk dikembangkan, sebab lumut sendiri merupakan salah satu divisi pada golongan tumbuhan tingkat rendah dan penyebarannya termasuk banyak di setiap wilayah. Selain itu lumut memiliki ukuran yang kecil sehingga memiliki ciri morfologi yang mikroskopis, misalnya pada lumut hati Marchantiopsida dinding kapsul spora berlapis tunggal sedangkan pada Jungermanniopsida dinding kapsul spora mempunyai dua lapisan atau lebih.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Siagian (2017) tentang Pengembangan Aplikasi Kunci Identifikasi Digital pada Tumbuhan Monokotil Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran, bahwa penggunaan aplikasi website kinci determinasi digital sebagai bentuk tren baru ilmu botani sebagai media pembelajaran tumbuhan monokotil sangatlaj layak digunakan karena selalin dalam memudahkan dalam idntifikasi juga mengehmat waktu dan dapat digunakan kapan dan dimana saja. Namun pengembangan aplikasi atau website Kunci Determinasi Digital dalam Identifikasi Tumbuhan Lumut perlu dikembangkan lagi kedepannya.

Penggunaan aplikasi berupa website kunci determinasi pada tumbuhan dapat memudahkan layak untuk dikembangkan karena dapat mempermudah pengguna dalam menyusun kunci determinasi, selain itu dapat menghemat waktu, dan praktis digunakan kapan saja. Namun untuk aplikasi website kunci determinasi pada tumbuhan lumut belum begitu dikenal, oleh karena itu sangat perlu untuk dikembangkan kedepannya

 

Referensi :

Siagian, M. (2017). Pengembangan Aplikasi Kunci Identifikasi Digital Tumbuhan Monokotil Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Biologi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS