Ticker

6/recent/ticker-posts

"Kondisi Hunian Sebagai Faktor Kejadian Pneumonia pada Anak-Anak"

 


Oleh : Adisti mahasiswa universitas Andalas Padang 


Pnuemonia merupakan kondisi peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Kondisi ventilasi udara pada rumah yang tidak memenuhi syarat akan menyebabkan proses pergantian udara yang tidak bagus. Keadaan udara akan menjadi kotor dengan mikroorganisme patogen. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat terjadinya pneumonia terutama pada anak-anak.


Pneumonia saat ini menjadi perhatian pemerintah karena mayoritas yang terjangkit adalah balita. Saat ini Pneumonia masuk ke dalam daftar 10 penyakit dengan jumlah kasus terbesar, karena berisiko memicu peradangan pada kantong udara di paru-paru. Sejak awal tahun 2023 kasus pneumonia mengalami kenaikan sebanyak 400 kasus jika dibandingkan dengan awal tahun 2022 yang hanya sebanyak 200 kasus. Hal ini menjadikan pneumonia sebagai penyakit pembunuh utama di dunia.


Pneumonia di Indonesia menyerang hampir segala usia, namun prevalensi paling tinggi terjadi pada anak-anak ber-usia 1-4 tahun. Pencemaran udara yang terjadi di lingkungan rumah dapat berasal dari berbagai kegiatan manusia, salah satunya adalah asap rokok. Kebiasaan kepala keluarga yang merokok di dalam rumah dapat berdampak negatif bagi anggota keluarga terkhususnya lagi balita. Oleh karena itu tingginya angka kejadian pneumonia terjadi pada balita.


Selain dari kondisi pencemaran udara oleh kegiatan manusia, nilai kepadatan hunian juga merupakan salah satu faktor terjadinya pneumonia pada anak. Semakin banyak orang dalam suatu rumah akan mempercepat transmisi mikroorganisme bibit penyakit dari seseorang ke orang lain. Oleh karena itu rasio penghuni harus disesuaikan dengan luas rumah. Kondisi rumah yang padat akan memicu tumbuhnya bakteri dan virus penyebab pneumonia pada anak-anak dibawah umur yang rentan tertular bakteri dan virus tersebut.


Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab pneumonia yang banyak menyerang balita. Diantaranya adalah kondisi lingkungan yang kotor, pencemaran udara, paparan asap rokok, serta kepadatan hunian rumah. Selain beberapa faktor diatas terdapat faktor lain penyebab pneumonia berupa luas ventilasi pada rumah, jenis lantai, dan jenis dinding pada rumah.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS