Ticker

6/recent/ticker-posts

Peran Partai Politik dalam dunia demokrasi




Indonesia memiliki partai politik yang cukup banyak pada beberapa pemilihan umum terdapat lebih dari 10 hingga 16 partai politik yang ikut berpartisipasi dalam bebrapa pemilihan umum partai politik sering bentuk koalisi atau aliansi untuk meningkatkan kemenangan dan memperkuat dukungan politik demokrasi bukan suatu bentuk pemerintahan yang timbul dengan sendirinya tetapi melalui tahapan evolusi. Banyaknya partai politik yang ikut berperan dalam pemilu tahnu 2024 ini tentunya mempunyai pengaruh dan peranan tersendiri,baik partai politik besar, maupun partai politik kecil, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara.

 

Dalam dunia demokrasi partai politik indonesia memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai pilar demokrasi, partai politik memiliki fungsi setidaknya dalam 5 hal yang pertama artikulasi politik yang kedua agregasi kepentingan yang ketiga komunikasi politik yang keempat sebagai sosialisasi politik dan yang terakhir sebagai rekuitmen politik.

 

Keberadaan partai politik menjadi penting karena dari partai politik lahir calon kandidat yang nantinya akan menjadi pemimpin di negara ini, namun sayangnya hal ini tidak berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap politik berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh indikator politik indonesia pada tahun 2023 menyatakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik ini sangat rendah dan ada di urutan paling bawah yaitu dengan tingkat kepercayaan 61,8% hal ini sungguh sangat disayangkan mengingat keberadaan dari partai politik merupakan tulang punggung dari demokrasi itu sendiri.

 

Peran partai politik dalam menegakkan indonesia demokrasi di indonesia cukup penting. Antara lain, Partai politik harus dapat mengadakan pendidikan politik agar masyarakat tidak saja sadar hukum tetapi juga dewasa dalam berpolitik. Hal ini tentunya harus ditunjukan oleh para elite politiknya terlebih dahulu. Sebab bagaimana mungkin masyarakat akan menjadi warga negara yang sadar hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara apabila contoh suri teladan yang baik

 

politik memiliki peran penting dalam sebuah sistim demokrasi perwakilan. Partai politik pin diyakini sebagai instrumen yang strategis bagi perkembangan semokrasi indonesia di masa depan, namun amat disayangkan banyaknya elit partai tersandung dalam kasus korupsi hingga banyaknya kebijakan yang dibuat partai politik ketika telah menduduki bangku dewan perwakilan rakyat malah tidak mewakili rakyat dan justru malah merugikan masyarakat sendiri.

 

Dalam hal ini, memilih pemimpin yang tepat sangat penting karena ia akan memimpin negara dan mengambil kebijakan-kebijakan publik yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat secara langsung dengan. Dengan memilih pemimpin yang tepat kita dapat mempengaruhi kebijakan publik dan pembangunan nasional di masa depan karena pemimpin yang terpilih akan membuat keputusan penting tentang isu-isu yang memengaruhi kehidupan masyarakat seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan insfratruktur.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS