Ticker

6/recent/ticker-posts

Peningkatan Partisipasi Generasi Muda dalam Sistem Politik Indonesia

 


Oleh: Fakhira Salimah Visandri, Ilmu Politik Universitas Andalas

Sistem politik adalah kesatuan struktur politik yang mempunyai fungsi yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama untuk negara. Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, Indonesia sangat mengharapkan seluruh masyarakat berpatisipasi dalam kegiatan politik dan sistem politik yang ada di Indonesia.

Kelompok masyarakat yang sangat memiliki potensi besar untuk meningkatkan partisipasi politik adalah generasi muda, karena generasi muda adalah penerus cita – cita bangsa, dan akan menjadi pemimpin di masa depan.

Generasi muda sebagai agen yang membawa perubahan positif dalam sistem politik Indonesia, karena generasi muda memiliki pandangan dan inovasi – inovasi baru yang akan membawa kemajuan untuk sistem pemerintahan di Indonesia.

Generasi muda sekarang selalu dituntut untuk berpatisipasi aktif dalam kegiatan politik. Namun, masih terdapat banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh negara agar partisipasi di kalangan generasi muda meningkat.

Pentingnya generasi muda dalam kegiatan politik tidak bisa dianggap remeh, karena generasi muda dapat membawa pandangan baru, energi yang positif, dan adanya inovasi baru dalam pengelolaan pemerintah. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dan upaya yang serius dari pemerintah untuk mengikuti mereka dalam setiap kegiatan politik.

Peningkatan partisipasi politik di kalangan generasi muda ini perlu karena untuk mewujudkan Indonesia yang demokrasi dan berpihak kepada rakyat, dan berbagai pihak harus melakukan upaya agar meningkatnya partisipasi generasi muda.

Namun, generasi muda masih mengalami kesusahan dalam memahami sistem politik, karena kurangnya kualitas edukasi politik yang ada di Indonesia, generasi muda juga sering berpikir bahwa politik itu kotor dan korupsi dan juga generasi muda kekurangan media untuk menyuarakan pendapat mereka.

Ketidakmerataan ekonomi dan teknologi yang ada di Indonesia juga menjadi penyebab masifnya partisipasi generasi muda terutama mereka yang tinggal di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar yang masih kesusahan dalam mendapatkan informasi karena kurangnya akses.

Salah satu langkah yang dapat diambil adalah meningkatkan pemahaman politik dalam generasi muda dan memberikan informasi tentang peran generasi muda dalam membantu mengelola pemerintahan. Pentingnya meningkatkan edukasi politik dalam pendidikan generasi muda supaya mereka mempunyai dasar pengetahuan untuk terlibat dalam pengelolaan pemerintah.

Pemerintah harus mendukung generasi muda untuk berpatisipasi dengan cara memberikan wadah atau media agar mereka dapat berpatisipasi langsung dalam kegiatan politik. Pemerintah juga harus mendukung forum – forum yang dibuat oleh anak muda sebagi tempat mereka untuk berbicara teerkait dengan isu – isu politik, pandangan serta gagasan mereka tentang sistem politik Indonesia saat ini.

Pada era digital ini, pemerintah harus memanfaatkan media digital sebagai ruang untuk diskusi dan partisipasi yang berbasis online agar lebih mudah dijangkau bagi generasi muda. Pemerintah juga harus memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan informasi terkait politik dan motivasi untuk generasi muda agar lebih aktif berpatisipasi.

 Era pemilu ini, pemerintah harus melakukan kampanye untuk meningkatkan partisipasi generasi muda supaya mereka bisa menentukan calon pemimpin untuk negara, dan membangun kepercayaan agar generasi muda tidak lagi berpikir bahwa politik itu kotor dan korupsi.

 Masyarakat dan organisasi non pemerintah turut serta berperan dalam melakukan peningkatan dengan cara memberikan dukungan dan sebagai fasilitator atau pendamping generasi muda dalam mengikuti sistem politik. Apabila kerja sama semua pihak sudah terlaksana, generasi muda bisa berpatisipasi dalam setiap kegiatan politik.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS