Ticker

6/recent/ticker-posts

Marapi SUMBAR Erupsi: Habitat Flora terancam punah dalam status krisis


 Marapi SUMBAR Erupsi: Habitat Flora terancam punah dalam status krisis


Gunung Marapi merupakan salah satu gunung aktif yang terletak antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Padang Panjang. Gunung Marapi memiliki ketinggian 2.891 meter diatas permukaan laut. Dengan karakteristik wilayah demikian banyak sekali jenis-jenis flora pegunungan yang khas dapat tumbuh di wilayah Gunung Marapi. Salah satunya yaitu Anaphalis javanica atau sering kita sebut bunga edelweis.

Minggu, 3 Desember 2023 Gunung Marapi erupsi setelah sekian lama tertidur. Erupsi tersebut menyebabkan beberapa wilayah disekitar gunung Marapi terkena hujan abu vulkanik. Selain itu, Tidak sedikit korban jiwa yang berjatuhan yaitu para pendaki yang berada di kawasan ketika kejadian berlangsung dan evakuasi sampai saat ini masih terus dilaksanakan. Beberapa wilayah seperti daerah kota bukittinggi tertutup oleh abu vulkanik yang menyebabkan pemeritah daerah mengeluarkan himbauan waspada kepada masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah dan apabila beraktivitas di luar diharapkan masker.

Sebagai seorang pengamat lingkungan hal lai yang di amati yaitu keadaan flora di sekitar kawasan Gunung MARAPI. Salah satu objek favorit bagi para pendaki Gunung Marapi yaitu Taman edelweis yang berada di puncak Gunung Marapi. Tumbuhan edelweiss atau Anaphalis javanica menurut IUCN saat ini termasuk ke dalam golongan spesies terancam punah. Hal ini diakibatkan oleh habitat tumbuhan edelweiss yang hanya mampu untuk tumbuh di daerah dataran tinggi dengan suhu tertentu. Tumbuhan ini seringkali di ambil oleh pihak tak bertanggung jawab yang menyebabkan keberadaanya semakin langka. Lalu bagaimana dampak dari erupsi Gunung Marapi terhadap keberadaan tumbuhan langka ini?

Kemungkinan yang terjadi yaitu kerusakan lingkungan salah satu nya edelweiss akibat hanyut terbawa lahar dingin maupun terbakar oleh suhu yang panas. Menurut Nasution (2015) suhu rata rata habitat dari edelweiss yaitu berkisar antara 12,5-27.8 derajat celcius. Sehingga apabila dilakukan analisa apabila erupsi Gunung Marapi masih terus berlanjut maka keadaan dari Edelweis akan terancam di wilayah tersebut akibat tingginya suhu saat erupsi. Dampak sering terjadinya letusan gunung dapat menyebabkan matinya tumbuhan dan menimbulkan abu yang dapat mempengaruhi kehidupan vegetasi di suatu area. Masih banyak jenis flora bahkan fauna yang terdampak akibat dari erupsi Gunung Marapi.

Dengan demikian diharapkan adanya upya dari pihak pihak yang dapat melakukan konservasi aau penjagaan terhadap beberapa jenis spesies flora terutama terhadap flora –flora yang terancam punah di kawasan Gunung Marapi akibat dampak dari erupsi.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS