Ticker

6/recent/ticker-posts

“Mafia” Emas perusak ekosistem sawah dan sungai


 Oleh Mutiara


Emas merupakan merupaka logam mulia yang bernilai tinggi. Pada zaman sekarang dengan perekonomian yang sangat sulit masyarakat tergiur untuk mencari emas sebagai alternative pencarian, salah satunya dengan membuka pertambangan illegal. Namun dengan membuka pertambangan pada daerah sugai dan sawah membuat kerusakan yang akut pada tempat tersebut. Seperti menyebabkan sawah mengandung zat kimia, membuat perairan menjadi keruh, daan mebuat sungai atau sawah tersebut tidak bisa manfaatkan lagi.


Berdasarkan informasi masyarakat hal ini telah ditindak lanjuti oleh pihak yang berwajib dengan menutup tambang illegal yang sedang beroperasi dengan menyita mesin yang digunakan. Tapi oknum-oknum masih tidak jerah dan mencari daerah baru untuk dibuka pertambangan emas illegal. Telah banyak upaya yang dilakukan tapi pemerintah tidak dapat bertindak lebih dikarenakan banyak masyarakat yang juga mengantungkan hidupnya dengan mencari emas ini atau juga bisa disebut mandulang.


Sawah yang telah banyak mati dikarenakan tambang ini tidak dilakukan bioremediasi. Menyebabkan ekosistem di sawah tersebut hilang total dikarenakan setelah penambangan emas oknum membiarkan saja. Dan tidak ditindaklanjuti. Pada ekosistem sungai dikarenakan penambangan emas ini membuat sungai menjadi keruh hal ini berdampak organisme yang ada di sungai karena kekeruhan ini pula ikan menjadi sedikit dan tidak hanya pada organisme yang ada di sungai saja. Kekeruhan ini juga merugikan penduduk bertempat tinggal di sekitar sungai. Mereka tidak bisa memanfaatkan air yang ada di sungai untuk kebutuhan rumah tangga.


“kenapa tambang illegal di bukak di sungai dan di sawah ? “


Masyarakat percaya bahwa dimana terdapat batu-batu yang besar terdapat emas yang besar didalammnya. Tetapi oknum membuat ekosistem dan mata pencarian di bidang pertanian dan perekonomian hancur. Oleh karena itu diperlukan lagi kesadaran masyarakat dalam mencegah hal ini. Agar tidak banyak lagi pencemaran terhadap lingkungan dan perusakan ekosistem. Dan membuat masyarakat sadar akan pentingnya sebuah ekosistem di saat sekarang ini. Dimana saat ini dunia tidak baik-baik saja

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS