Ticker

6/recent/ticker-posts

Lakukan Hal ini Jika Tak Lagi Merawat Peliharaan, Jangan "Dibuang" !



Oleh : Zakiy Maulana


Berhobi menanam tumbuhan serta memelihara hewan memang menyenangkan, Hobi ini terbukti ampuh meredakan stress dan meningkatkan interaksi yang lebih baik dengan lingkungan sekitar. Dilansir oleh alodokter, hobi memelihara hewan memiliki segudang manfaat yang dapat anda peroleh seperti meredakan stress, meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung tumbuh kembang anak, dan cukup menghibur  bagi orang dirumah. 


Tentu dengan adanya hobi ini rumah akan terasa menyenangkan dan tidak terkesan sepi karena peliharaan anda akan menemani dan menenangkan hati anda setiap memasuki rumah. Serta tanaman hias dapat mempercantik dan meningkatkan nilai estetika rumah. 


Namu, pasti ada kalanya hewan peliharaan ataupun tanaman hias bisa diurus. Jika tidak meluangkan waktu dengan optimal dan tak lagi dapat merawatnya dengan seharusnya, hobi memelihara hewan dan tumbuhan hias dapat membawa dampak merugikan. Terlebih jika anda langsung menelantarkan peliharaan anda begitu saja. Berikut alasan mengapa anda tidak boleh membuang peliharaan anda:



1. Vektor penyakit

Meskipun sebelumnya anda sudah merawat dan membersihkan peliharaan anda baik hewan ataupun tanaman hias, ada kemungkinan peliharaan anda membawa penyakit ataupun menjadi inang untuk hewan merugikan 


Mengutip dari European food safety authority, vector adalah hewan ataupun tumbuhan yang dapat menularkan agen infeksius dari hewan atau tumbuhan kepada manusia atau hewan lain. Biasanya vektor ini berupa nyamuk, kutu, lalat, dan kutu. Penyakit yang dibawa hewan ini dapat berpindah pindah dan menginfeksi yang lain sehingga penyebaran penyakit menjadi luas. 


Tentu anda tidak ingin hewan peliharaan dan tanaman hias yang anda miliki malah merugikan lingkungan sekitar bukan? 


 2. Merusak lingkungan

Dampak melepaskan hewan dan tumbuhan sembarangan ternyata berperan besar dalam kerusakan lingkungan. Terutama jika dilepas pada lingkungan yang tak seimbang keadaan nya. 


Dikutip pada Cleannorth, hewan peliharaan yang berkeliaran seperti anjing dapat meninggalkan kotoran yang sebenarnya beracun dan membutuhkan waktu hingga satu tahun lebih untuk terurai pada alam. Bahkan jika hanyut pada sungai, hal ini akan menyebabkan pertumbuhan alga berlebihan yang merusak kualitas air pada sungai, dan tentu berdampak pada ikan pada sungai tersebut. 


Tidak hanya itu, menurut IDN Times, jumlah karbon yang dipakai oleh hewan peliharaan dan industri makanan nya dapat berdampak pada 25% hingga 30% pada kerusakan lingkungan. 



3. Invasive spesies

Beberapa tumbuhan yang ditanam di depan rumah dapat tumbuh secara masif dan tidak terkontrol, tumbuhan ini akan merusak dan menyebabkan ketidakseimbangan pada lingkungan. 


Tumbuhan yang dapat tumbuh masif ini disebut dengan invasive spesies, menurut artikel pada Kompas, tumbuhan invasif dapat menutupi jalanan serta membuat daerah tersebut menjadi rimbun. Lalu juga tumbuhan invasif dapat merusak fondasi dan struktur bangunan, hingga merusak kualitas tanah. 


Ada banyak lagi kerugian akibat invasive spesies ini, namun dampak nya akan lebih terasa jika penanganan tumbuhan jenis invasive ini tidak dilakukan dengan tepat dan malah di buang begitu saja di lokasi lain. Tentu hal ini akan membuat populasi invasive spesies meningkat pesat dan berpotensi besar merusak lingkungan. 


Lantas apa yang harus dilakukan jika tak lagi sanggup mengurus peliharaan? 


Setelah mengetahui hal yang terjadi jika tanaman hias anda dan hewan peliharaan anda di buang smbarangan, berikut hal yang dapat dilakukan jika anda tak lagi ingin melanjutkan hobi anda tanpa merusak lingkungan


1. Berikan ke orang terdekat

Dengan memberikan tumbuhan hias ataupun hewan peliharaan anda kepada orang terdekat seperti tetangga, saudara dekat ataupun keluarga, anda tidak hanya merekatkan hubungan anda dengan yang anda berikan. Anda juga memberikan tumbuhan hias dan hewan peliharaan anda rumah baru yang dapat merawat mereka tanpa harus berkeliaran di daerah yang anda tinggali. 


Namun sebelum anda memutuskan hal ini, ada baiknya anda diskusikan terlebih dahulu kepada orang yang ingin anda berikan. Apa dia sanggup merawat dan menjaga agar tetap hidup? Apa dia tidak memili alergi dengan peliharaan yang anda miliki? Atau apa tempat yang ia tinggali cukup baik untuk penambahan anggota baru? Hal ini perlu anda diskusikan terlebih dahulu supaya orang yang anda percayakan tidak membuang nya sembarangan. 


2. Pastikan lingkunan baru nya terkontrol

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, lingkungan yang dibutuhkan oleh hewan peliharaan atau tumbuhan hias sangat bervariasi dan rata rata memiliki kebutuhan akan lingkungan yang berbeda beda pula. Ada baiknya anda memastikan bahwa lingkungan tidak memiliki hal hal yang dapat menggangu tumbuhan ataupun hewan anda. 


Selain mempermudah perawatan nantinya, dengan adanya lingkungan baru yang sesuai, orang yang anda berikan kepercayaan pastinya tidak akan kesulitan menghadapi penggangu ataupun faktor lain yang menyebabkan ketidakbetahan nantinya. 


3. Dijual atau di berikan ke komunitas nya masing masing

Jika seandainya anda tidak memiliki orang dapat dipercaya ataupun lingkungan nya tidak memadai, menjual tumbuhan hias anda dapat menjadi opsi yang bisa dijadikan pertimbangan. Tentu dengan  uang yang anda dapatkan, anda dapat beralih ke hobi baru ataupun memulai hal lain yang anda minati saat ini. Menjual tumbuhan hias di zaman sekarang sudah tidak sulit lagi karena terdapat forum jual beli online ataupun marketplace yang dapat memudahkan anda menjual sesuatu lebih mudah dengan jangkauan lebih luas. 


Untuk hewan peliharaan, anda juga dapat melakukan hal yang sama. Sekarang pun dengan banyaknya komunitas yang dapat kontak dapat mempermudah proses anda dalam melakukan transaksi jual beli. Sebaiknya komunitas yang anda cari merupakan komunitas yang memang sudah memiliki pengalaman lebih untuk menjamin peliharaan anda tidak diperlakukan buruk. 


4. Tukar dengan yang baru melalui komunitas

Jika anda hanya bosan dengan peliharaan yang anda miliki saat ini dan tidak berniat untuk meninggalkan hobi ini sepenuhnya, beberapa komunitas mungkin dapat anda tawari untuk bertukar peliharaan dengan jenis baru. Namun yang perlu perhatikan adalah memastikan peliharaan ataupun tumbuhan hias anda cukup terawat sebelum menawarkan ke komunitas yang anda tuju. 


Sebelum anda menawarkan penukaran ini, perlu dipastikan dahulu apakah komunitas yang anda tuju memang memiliki orang orang yang juga bersedia menukar peliharaan nya. Hal ini dikarenakan tidak semua komunitas terbuka dengan opsi ini. Sosial media yang anda miliki juga dapat anda gunakan untuk menawarkan hal ini kepada forum online yang anda ikuti.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS