Ticker

6/recent/ticker-posts

Bersama PT. Vortex Energy Batam, Prodi Ilmu Komunikasi UNP Gelar FGD dan Kuliah Praktisi





 Program Studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang lakukan Diskusi Terpumpun (Focus Group Discussion) Kurikulum secara virtual, Selasa (26/12).

Bekerja sama dengan PT. Vortex Energy Batam sebagai salah satu industri teknologi otomasi yang berbasis di Batam. Kegiatan yang mengangkat tema “ Penlarasan Kurikulum Ilmu Komunikasi dengan Industri Teknologi Automasi ” ini menghadirkan Drs. Nadirman, MM selaku Direktur PT. Vortex Energy Batam.

Bersama dosen-dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Direktur PT. Vortex Energy Batam menegaskan bahwa meskipun sepenuhnya bergerak di bidang teknologi automasi, namun kemampuan sumber daya manusia dengan ilmu dan keterampilan komunikasi tetap dibutuhkan. “Dalam industri otomasi dan dunia bisnis secara umum, pemasaran digital menjadi penting, karena akan menjadi pendukung utama dalam kerja-kerja Sales dan Marketing” ungkapnya.

Meskipun baru dan belum memiliki lulusan, Program Studi Ilmu Komunikasi kedepannya akan menggiatkan dialog dengan dunia industri. 

Sementara itu, perkembangan pesat teknologi dan dinamika sosial ekonomi memunculkan tantangan baru yang memerlukan kesiapan lulusan dalam menghadapi perubahan tersebut. Dalam konteks ini, telaah kurikulum menjadi suatu kebutuhan yang mendesak untuk memastikan bahwa Program Studi Ilmu Komunikasi tetap relevan dan mampu menjawab kebutuhan industri dan masyarakat.

“Melalui diskusi hari ini, maka dapat dilihat irisan kolaborasi Program Studi Ilmu Komunikasi dengan PT. Vortex Energy Batam ada pada Konsentrasi Keilmuan Hubungan Masyarakat. Dalam hal ini, berkaitan dengan Brand Image perusahaan dan membangun hubungan dengan investor dan pelanggan. Selain itu, dalam irisan kolaborasi lainnya juga dapat terlihat pada fokus Mata Kuliah Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Pemasaran,” papar AB Sarca Putera, SIKom., MA selaku Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi.


Sebagai salah satu perusahaan yang membuka peluang pekerjaan untuk para lulusan Ilmu Komunikasi, kegiatan diskusi terpumpun dilanjutkan dengan Kuliah Praktisi dengan tema “ Peluang Karir Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi di Industri Teknologi Automasi ”. Kegiatan ini dibawakan oleh mahasiswa-mahasiwa Program Studi Ilmu Komunikasi.

Melalui kesempatan tersebut, Nadirman menyampaikan kepada mahasiswa bahwa perkembangan industri 4.0 hari ini harus sejalan dengan perkembangan Society 5.0. “Olehnya dibutuhkan tiga hal penting, Pertama, Full Skill yang terdiri dari kepakaran dalam bidangnya, dalam hal ini adalah kemampuan komunikasi, negosiasi, serta networking . Kedua, Mindset yang berkaitan dengan pola berpikir yang maju, positif, dan optimis, serta keberanian untuk bermimpi besar. Terakhir, Sikap menjadi penentu keberhasilan di dunia kerja,” tegas Nadirman, Direktur PT. Vortex Energy Batam.


Terakhir, Nadirman menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk membangun

dan meningkatkan kualitas profil diri sebelum memasuki dunia kerja, baik secara offline maupun online . 

“Kedepannya, rekan-rekan mahasiswa perlu memusatkan perhatian pada optimalisasi pemanfaatan LinkedIn dan juga platform-platform digital lainnya. Karena pemberi informasi kerja hari ini telah melakukan upaya untuk memeriksa latar belakang calon pekerjanya melalui akun media sosial yang dimiliki,” Tutupnya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS