Ticker

6/recent/ticker-posts

BDI PADANG LAUNCHING PRODUK TENANT INKUBATOR BISNIS FASHION FEST DI YOUTH CENTER.

 



Padang, - Jurnalis Sumbar

Balai Diklat Industri (BDI) Padang dibawah Kementerian Perindustrian RI melaksanakan launching produk  tenant inkubator bisnis di bidang Fashion Fest 2023, yang di gelar di gedung Youth Center pada Kamis (21/12/2023).


Fashion Fest dilaksanakan di lantai bawah gedung Youth Center Padang secara resmi dibuka oleh Kepala BDI Padang. Dalam pengembangan wira usaha ini harus menjadi salah satu strategi utama pembangunan daerah yang di wujudkan secara  sunguh-sungguh serta niat yang didukung dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan dan masyarakat.


Lebih dari 100 produk inkubator bisnis   dan puluhan stand-stand yang memperkenalkan produk nya pada Fashion Fest tahun 2023 dengan  hasil karya para enterpreneur muda dari Sumatera Barat yang diadakan oleh Balai Diklat Industri Padang (BDI) Kementerian Perindustrian RI.


Wahyu Ramdhani, S.Ds Instruktur BDI Kota Padang dan sekaligus ketua pelaksana Fashion Fest mengatakan BDI Padang mengadakan acara inkubator bisnis selama 1 tahun anggaran yaitu Maret s/d Desember. Sesudah tenant kita seleksi dulu dan baru merintis usaha, pada awalnya dimulai dari usaha kecil sebelum menjadi brand besar," tutur Dani.


Yang utama dalam bisnis ada niat untuk maju dan kerjasama dengan kementerian Perindustrian sebagai shaker terhadap sekolah yang ada di Padang seperti SMTI Padang, SMAK, ATIP dan STINDSTIND. Bagi yang sudah dibina di Inkurbasi artinya dikasih fasilitas untuk pengembangan produk dan dikasih pembiayaan untuk belanja bahan," papar Dani.


Gena Bijaksana sebagai CO-Founder dalam kegiatan BDI Padang menambahkan, bahwa BDI Padang sudah membantu sebagai jembatan ke pengusaha yang baru mulai dengan peluang-peluang yang lebih besar, ini merupakan inisiasi yang paling bagus diawal, juga harus berani tampil untuk menindak lanjuti."jelas Gena.


Bagi pengusaha yang baru harus di bookstrep dengan arti kata harus mulai ngobrol dengan keluarga dan lingkungan dengan segala macam, itu harus mulai diajak mengobrol sampai memastikan bahwa oke yang sudah di maksimalisasi, apabila sudah melibatkan lembaga keuangan pasti ada beban bagi hasil, beban bunga terlebih dahulu dengan dilikwidasi dulu ke marketnya,"pungkas Gena.


Kegiatan BDI Padang saat ini fokus pada Fashion saja. Dalam hal ini para peserta memperkenalkan produk batik dan kain yang berharga murah. Maka nilai kain dan batik bisa memberikan nilai tambah terhadap nilai suatu barang, karena setiap manusia mempunyai kemampuan bidang yang bisa di asah dan dikembangkan menjadi kompetensi untuk.memberikan nilai tambah terhadap suatu barang tersebut.


Kain dan batik yang berada dari Simatera Barat berkualitas dan bisa bersaing di pasar nasional dan internasional, agar semua peserta bisa kompeten dan mendapatkan sertifikat kompetensi yang di keluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi melalui LSP P1 BDI Padang. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS