Ticker

6/recent/ticker-posts

Analisis Kebijakan Pemerintah mengadakan PMM Telah Memberikan Motivasi dan Kesempatan yang Bagus Bagi Mahasiswa

 Oleh: Nazwa Fatma  mahasiswa universitas Andalas Padang 


Program Mahasiswa Merdeka yang diterapkan Kemendikbud mendapatkan banyak antusias berbagai mahasiswa dari semester 3 hingga semester 7. Walaupun banyak persyaratan yang diberikan tetapi tidak membuat mahasiswa merasa terbebani dengan hal itu. Bagi yang mengikuti Program Mahasiswa Merdeka akan belajar selama satu semester di perguruan tinggi yang kita ambil dengan bobot 20 SKS dan memberikan pengalaman kebinekaan.

Adapun hal yang dapat  memotivalsi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan PMM diantaranya :

1. ditolak kampus impian

Mahasiswa yang pernah mendaftar dikampus yang diinginkan sejak awal akan memaksimalkan pembelajarannya demi bisa mengikuti program tersebut, karena dari program tersebut ia bisa mendapatkan kesempatan belajar dikampus impiannya, walaupun dalam waktu yang tidak lama.

2. Mencoba hal baru

Mengikuti Program Mahasiswa Merdeka akan menambah pengalaman mahasiswa dalam merasakan budaya luar, adat istiadat, serta kita dapat bertemu dengan teman yang berbeda suku, agama, ras sehingga dapat menjalin relasi yang banyak saat dinegeri orang.

Program yang diberikan pemerintah ini juga menumbuhkan semangat belajar bagi para mahasiswa agar mendapatkan IPK yang memenuhi syarat. Selain IPK yang tinggi pastinya para mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan tersebut tentunya juga termasuk mahasiswa yang aktif dikampus, seperti ikut organisasi atau kepanitiaan diluar atau dalam kampus. Hal tersebut merupakan salah satu penunjang agar lulus Program Mahasiswa Merdeka.

Diharapkan pada tahun 2024 nanti ketika pertukaran menteri pendidikan, program mahasiswa merdeka ini dapat terus dilanjutkan, meninjau banyaknya semangat mahasiswa untuk mengikuti program yang telah diberikan dan memberikan kesempatan emas bagi mereka untuk mencoba hal baru yang sangat bermakna.

 

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS