Ticker

6/recent/ticker-posts

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA REMAJA

 


Nuraisyah hasibuan Prodi sistem informasi UIN Imam Bonjol Padang

 



   Teknologi adalah sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian seorang, serta bagaimana dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.Dapat dikatakan bahwa teknologi adalah hasil tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal.Dengan begitu, secara sederhana, teknologi bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia.Hasil dari teknologi tersebut tidak lain merupakan produk yang dapat digunakan secara praktis ataupun mengenai jasa tertentu.


Pengertian remaja

  Siapakah remaja itu? Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Masa remajaadalah masa peralihan anak-anak menuju dewasa, peralihan dari masa anak-anak menujudewasa berjalan antara 11- 21 tahun.Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, perkembangan berat dan tinggibadan yang meningkat dan perubahan bentuk tubuh serta perkembangan karakteristik seksualseperti tumbuhnya buah dada,tumbuh nya jakun bagi laki-laki,tumbuh nya kumis dan lainsebagainya.


Pengaruh perkembangan teknologi terhadap remaja 

  Teknologi yang awalnya bertujuan untuk memudahkan dan membantu dalam berbagai halterutama dalam proses pendidikan bagi remaja, sekarang menjadi masalah bagi remaja yangmenggunakan teknologi yang berlebihan. Seolah olah remaja lupa akan kegunaan teknologiyang sesungguhnya.


   Dampak positif teknologi pada remaja • Dapat menambah wawasan melalui internet• Dapat mempermudah proses pembelajaran• Mudah untuk berkomunikasi dengan teman. Adapun dampak negatif teknologi pada remaja yaitu • Remaja bisa berketergantugan terhadap teknologi seperti game online • Dapat terpengaruh dengan hal-hal yang buruk • Remaja bisa melihat situs-situs yang semestinya tidak di lihat.


  Dari penjelasan di atas bahwa teknologi memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi remaja, namun kebanyakan dari remaja lebih memilih hal negatif yang ada pada teknologi danbmenggunakan nya secara berlebihan dan ketergantungan terhadap teknologi tersebut. Untuk itu perlu cara untuk mengatasi ketergantungan terhadap teknologi sebagai berikut: Mengurangi penggunaan teknologi gunakan sesuai kebutuhan saja • Banyak bergaul di lingkungan sekitar dengan hal-hal yang positif • Pengawasan orang tua terhadap anak • mencari hal - hal positif di dalam internet bukan malah sebaliknya.










  Perkembangan teknologi dari masa ke masa memang sangatlah cepat Kehidupan yang mulanya dilakukan secara manual, sekarang bisa di lakukan dengan mudah melalui perkembangan teknologi yang telah ada saat ini. Semua orang bisa menggunakan teknologi dengan mudah namun di sayang kan banyak yang lalai dan salah menggunakan teknologi dengan benar terutama pada kalangan remaja saat ini.


  Sebelum teknologi berkembang seperti saat ini, Remaja yang dulunya bermain bersama teman - teman nya sekarang sulit untuk di dapatkan akibat perkembangan teknologi, Mereka lebih asik pada handphone Mereka di banding dengan pergaulan sehari-hari nya. Bahkan ketika meraka berkumpul pun mereka saling mementingkan handphone Mereka masing-masing badan mereka ada di tempat namun pikiran nya sudah kepada handphone sepenuhnya. Begitu besar pengaruh teknologi terhadap remaja saat ini.


  Seiring dengan berkembangnya teknologi sampai saat ini banyak hal - hal negatif yang bermunculan di media sosial , situs-situs yang berbahaya dan tidak layak untuk di lihat semakin marak di kalangan remaja bahkan mereka melihat nya bebas tanpa merasa bersalah. Situs yang semestinya itu tidak layak untuk di lihat oleh remaja saat ini,karena tidak pantas untuk kalangan remaja.


  Kita sebagai remaja saat ini dan akan menjadi calon pemimpin di masa yang akan datang sebaiknya kita menggunakan teknologi saat ini dengan sebaik mungkin, gunakan teknologi seperlunya tidak berlebihan bahkan kecanduan akan teknologi saat ini, masa depan kita ada pada diri kita sendiri jadi kalau bukan kita yang menjaga diri kita sendiri siapa lagi,oleh sebab itu gunakan lah teknologi sebaik mungkin dan cari hal - hal positif yang ada pada teknologi untuk membangun kualitas diri semakin baik kedepannya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS