Ticker

6/recent/ticker-posts

DKP Sumatera Barat ikut Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional di Jakarta.



Padang, - Jurnalis Sumbar 

Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10 tahun 2023 yang diselenggarakan  di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (20/11/2023) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI. 


DKP Sumatera Barat juga ikut serta dalam lomba masak serba ikan ditingkat Nasional,sementara dalam lomba masak ini provinsi Jawa Timur berhasil meraih juara favorit I tingkat Nasional, untuk kategori produk olahan keluarga. Provinsi Jatim berhasil meraih juara favorit I, usai menyajikan beberapa menu produk olahan yakni menu keluarga, menu balita dan menu kudapan.


Untuk menu keluarga, olahan yang dimasak adalah ikan bandeng yang dikemas menjadi 'Gabalodang' (gado bandeng gulung sambel podang). Sementara untuk menu balita, ada pelangi bahari dan untuk menu kudapan yakni Sawitri Bakar (Sawut Gurami Tanpa Duri).


Dimana Penyerahan hadiah bagi yang berhasil memperoleh juara diserahkan hadiah nya pada Selasa (21/11/2023), untuk  juara favorit 1 diserahkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono kepada Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur melalui Arumi Bachsin Emil Dardak.


Atas prestasi tersebut, Arumi secara khusus mengapresiasi kerja keras dan kegigihan dari para peserta yang mewakili Jatim dalam ajang lomba masak ikan nasional.Dengan adanya prestasi kali ini diharapkan menjadi momen dalam menumbuhkan semangat masyarakat untuk terus meningkatkan konsumsi ikan. 


"Alhamdulillah saya senang sekali. Saya ucapkan terimakasih untuk Kabupaten Nganjuk, Blitar dan Jombang yang telah mewakili Jawa Timur dalam perlombaan masak kali ini. Terima kasih atas seluruh kerja keras bersama yang berhasil membawa kita menjadi juara favorit 1," kata Arumi Bachsin. 


Kepada seluruh masyarakat, Arumi juga berpesan untuk mulai menciptakan keanekaragaman masakan yang berbahan dari olahan ikan. 


Hal ini dinilainya sangat penting karena memiliki manfaat dalam pemenuhan gizi tubuh, dengan mengonsumsi ikan dapat mencegah stunting pada anak. Kandungan asam amino, vitamin, zinc, zat besi dan asam folat dalam ikan dinilai sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya stanting.


"Perlu diingat stanting itu bukan hanya terjadi sejak bayinya lahir, tapi karena ibunya juga kekurangan gizi sehingga membuat anak dalam kandungan juga kekurangan gizi, sehingga akhirnya mengakibatkan stanting," tuturnya. 


Dengan prestasi ini, diharapkan dapat menjadi momen untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam meningkatkan konsumsi ikan. Konsumsi ikan memiliki manfaat besar, terutama dalam mencegah stunting pada anak, Arumi juga mengingatkan bahwa stunting tidak hanya terjadi sejak bayi lahir, tetapi dapat disebabkan oleh kekurangan gizi ibu selama kehamilan. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi ikan sebagai langkah pencegahan.


“Penting untuk mulai membiasakan makan ikan, tanpa menunggu hari esok. sebagai katalisator untuk mengoptimalkan program kerja Forikan, terutama terkait peningkatan konsumsi ikan. Angka konsumsi ikan di Jawa Timur terus meningkat setiap tahunnya,.(Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS