Ticker

6/recent/ticker-posts

Zahran Nizar Fadhlan Siswa SMAN 1 Padang Wakil Indonesia Menuju Olimpiade Sain Internasional Bidang Astronomi di Polandia

 


Zahran Nizar Fadhlan, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Padang, bersama 4 siswa lainnya terpilih sebagai wakil Indonesia di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) yang ke XVI tahun 2023 di Polandia.





Mereka masing-masing terpillih dari ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Astronomi tahun 2022 untuk mengikuti ajang IOAA ke-16.



Adapun lima siswa terbaik tersebut adalah Zahran Nizar  Fadhlan (SMAN 1 Padang), Ferdianand, Bryan Herdianto,  Dzaki Rafiansyah dan Indra Rhamadan.


Ajang ini diselenggarakan pada tanggal 10-20 Agustus 2023 secara hybrid di Chorzow Polandia.



Kepala SMAN 3 Padang Syamsul Bahri turut memberikan semangat dan motivasi kepada Zahran yang akan berkompetisi ajang IOAA ke XVI tahun 2023 di Polandia.



“Selamat kepada Zahran Nizar Fadhlan yang sudah sampai di titik ini. Jaga api semangat, tetap fokus dan lakukan yang terbaik. Terus belajar dan mengambil ilmu, serta seluruh hal baik yang diperoleh dari ajang ini. Ingat selalu pesan yang diberikan oleh para pembimbing dan panitia,” ujar Buya panggilan Syamsul Bahri.


“Terima kasih bapak ucapkan, sebab Zahran bukan hanya mengharumkan nama SMA 1 Padang, akan tetapi juga mengharumkan nama Sumatera Barat dan Indonesia” tutur Buya.



 Melaksanakan Posyandu Sebelum mewakili Indonesia di ajang Internasional ini, Zahran telah melewati serangkaian seleksi yang ketat.


Dimulai dari ajang KSN di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) pertama hingga ketiga.


IOAA sendiri merupakan acara tahunan untuk siswa sekolah menengah atas dari seluruh dunia di bidang Astronomi.


Tujuannya, untuk membudayakan Astronomi dan membina persahabatan antar astronom muda di tingkat internasional

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS