Ticker

6/recent/ticker-posts

KUNJUNGAN PERTAMA MAHASISWA KKN PPM UNAND KE LOKASI PENGABDIAN DI DESA SIKAPAK BARAT”

 

Oleh ; Vellin putri
Mahasiswa universitas Andalas 


Sebagai bentuk implementasi dari hasil belajar, UNAND menyediakan program yang situjukan kepada mahasiswa yang berprinsip pada konsep pengabdian masyarakat yang disebut dengan KKN-PPM ( Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarkat) di berbagai nagari yang ada di Sumatra Barat. Salah satu nagari yang menjadi tempat pengabdian tersebut adalah Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara.

KKN di Desa Sikapak Barat diketahui berjumlah 24 orang mahasiswa dari jurusan yang berbeda, yakni Teknik Industri, Biologi, Farmasi, Teknik Industri Pertanian, Sastra Indonesia, Akuntansi, Ekonomi, Manajemen, Peternakan, Hukum, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Keperawatan, Antropologi Sosial, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Politik, Pendidikan Dokter,Psikologi dan Agroteknologi.

Tepat pada hari Jumat 26 Mei 2023 pada pukul 09.00 kami berangkat dari padang bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dira Hefni, M.Sc., Apt untuk melakukan kunjungan pertama ke Desa tempat diadakannya KKN yakni Desa Sikapak Barat dalam rangka peninjauan nagari, yang dimana Kunjungan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian selama kurang lebih 40 hari.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah kantor wali nagari Desa Sikapak Barat, Kedatangan kami disambut baik oleh Wali Nagari Desa Sikapan Barat, pada kunjungan yang pertama ini kami menanyakan bagaimana kondisi dari desa ini dan program apa saja yang sedang berjalan didesa tersebut dan kami bersedia ikut andil dalam membantu pembungan Desa Sikapak Barat melalui beberapa program yang telah direncanakan oleh desa tersebut. Setelah selesai berdiskusi dengan wali nagari kamipun pamit dan menlajutkan perjalanan menuju kantor camat pariaman utara dengan tujuan mengantarkan surat izin KKN dan sedikit berdiskusi dengan camat Pariaman Utara Mengenai Pelaksanaan KKN Di Desa Sikapak Barat, dan yang terakhir kunjungan ke polsek pariaman utara mengantarkan surat izin.

Unand sebagai Instansi penyelenggara KKN menuntut mahasiswa agar mengembangkan ilmu dan teknologi pada masyarakat. Berdasarkan hal itu, Unand menggagas prinsip dasar kuliah kerja nyata, yaitu keterpaduan aspek tri dharma perguruan tinggi, partisipatif, interdisipliner, komprehensif- komplementatif, realistis pragmatis, dan enviromenta devalopment.

Penyelenggaraan KKN Tahun 2023 ini terdapat inovasi baru yaitu tidak adanya program kerja pribadi tetapi program kerja kelompok yang akan dilakukan secara bersama –sama, Tidak hanya itu saja pada KKN 2023 ini mahasiswa dan mahasiswi dibagi kedalam beberapa kelompok kecil yang berjumlah sebanyak 3 orang yang dimana nantinya 3 orang ini tinggal disatu rumah warga dengan tujuan agar lebih membaur lagi ke masyarakat dan mendapatkan ibu asuh selama di KKN hal ini dilakukan agar lebih tercapainya tujuan KKN yakni pengabdian masyarakat.

Peninjauan pertama yang dilakukan pada Desa Sikapak Barat ini diperoleh beberapa hasil yaitu: 

1. Mengetahui masalah atau kendala yang sedang terjadi pada Desa Sikapak Barat

2. Mengetahui program andalan Desa Sikapak Barat

3. Mengetahui Posko tempat tinggal selama KKN berlangsung.

Hasil yang kami peroleh bisa menjadi pegangan bagi kami untuk merancang program kerja KKN. Oleh karna itu uluran tangan dan dukungan dari masyarakat setempat dan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN menjadi faktor yang sangat penting dalam pembangunan Desa Sikapak Barat melalui program kuliah kerja nyata.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS