Ticker

6/recent/ticker-posts

Predator Plangton Danau Maninjau Ditebar 20 Ribu Ekor Bibit Ikan Air Tawar

 


Padang. 

Sedikitnya 20 ribu ekor bibit ikan Tawas air tawar ditebar di Danau Maninjau Agam Sumatera Barat pada Jumat 26 Mei 2023.


Ikan Tawas merupakan Predator plangton Danau Maninjau ditebar 20 ribu bibit ikan air tawar, ini dapat menyulap menjadi bening kembali air danau yang telah berwarna hijau ulah plangton. 


Tujuan bibit ikan  Tawas ditebar di danau ini supaya menjadi predator untuk memangsa plangton plangton yang ditimbulkan akibat aktifitas Jaring Apung. 


Sebelumnya jaring apung ini merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat petani budidaya ikan air tawar di Danau Maninjau. 


Namun, aktifitas usaha budidaya jaring apung ada yang masih beroperasi dan berproduksi serta sebagiannya lagi sudah ada jaring apung yang tidak berpungsi lagi sebagai tempat membesarkan ikan air tawar yang di budidayakan. 


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Ir. Reti Wafda, M. Tp melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Konservasi Dinas DKP Sumbar, Lastri menyebutkan hal ini saat dihubungi awak media ini melalui ponselnya pada Minggu 28 Mei 2023.


Menurut Lastri, tak dipungkiri akibat sisa pakan ikan jaring apung menjadi suburnya plangton plangton di Danau Maninjau. 

Namun, OPD Kelautan dan Perikanan Sumbar bersama jajaran Pertanian Kabupaten Agam yang membidangi Perikanan memanfaatkan jenis plangton plangton tersebut menjadi mangsa oleh bibit ikan air tawar yang di tebar. 


"Ya, dengan ditebarkan sebanyak 20 ribu bibit ikan  Tawas akan dapat kembalikan air Danau Maninjau bersih dan bening kembali seperti sediakala sebelumnya", sebut Lastri. 


Selain Danau Maninjau sebagai tempat masyarakat membudidayakan ikan air tawar dengan keramba jaring apung di sekitar Danau Maninjau dan tetapi hamparan air Danau Maninjau juga sebagai tempat nelayan menangkap ikan. 


Dua kombinasi ini Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar beserta Pemerintah Kabupaten Agam bersinergi menangani Danau Maninjau supaya tercipta dua kombinasi keuntungan pula oleh masyarakat di sekitar Danau kebanggaan rang Agam. 


"Penebaran bibit ikan ini oleh DKP Sumbar tak lepas dari tujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan disana serta kembali bersih air danau ini", pungkasnya.(Obral Chaniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS