Ticker

6/recent/ticker-posts

Konferensi Pers Pelaksanaan UTBK-SNBT Tahun 2023 di UNP

 



Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan  konferensi pers pelaksanaan UTBK-SNBT di UNP, Senin (5/8) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 UNP, Kampus Air Tawar, Padang Barat. Konferensi Pers dihadiri oleh wartawan dari media cetak dan online. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D didampingi oleh Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi, M.Litt, Tim Monev UTBK-SNBT, Dr. Urip Purowono, dan Kepala Kantor Layanan Informasi, Humas, dan Protokoler UNP, Okki Trinanda, S.E.,M.M yang juga sebagai moderator pada acara konferensi pers ini.


Tim Monev panitia pelaksana pusat Kemendikbudristek, Dr. Urip Purwono menyampaikan bahwa tahun ini ada materi ujian yang berbeda daripada tahun sebelumnya. Tahun ini pertama kali diadakan tes atau ujian dengan mata uji literasi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan penalaran Matematika. Mata uji Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) dan Soshum (Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi) tidak diujikan pada tahun ini, tetapi untuk tes TPA tetap sama dengan tahun sebelumnya ada 4 element dalam test tersebut perbedaannya hanya waktu saja yang berbeda Dr. urip berharap agar UTBK-SNBT di UNP dapat berjalan dengan lancar di hari pertama pada gelombang I ini. Tahun ini UTBK diberada dibawah Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi khususnya Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik).


Tahun ini model test UBTK-SNBT berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini tidak menggunakan test subjek mata pelajaran tetapi lebih banyak menekankan kepada kemampuan penalaran. Hampir sama dengan masuk perguruan tinggi negeri diberbagai negara di dunia. Kita beharap yang masuk perguruan yang memiliki kemampuan penalaran yang baik dan kecerdasan yang mumpuni. “Jumlah peserta UTBK-SNBT di UNP sebanyak 21.1221, 


Alhamdulilah kepercayaan masyarakat sumbar sasaran test lebih banyak di UNP. selama UTB-SNBT perkuliahan mahasiswa tetap berjalan seperti biasa, hanya bagi mahasiswa yang kuliah menggunakan laboratorium komputer akan dialihkan kuliah secara daring melalui e-learning UNP,” ujar Rektor UNP.


Rektor UNP, Prof. Ganefri,Ph.D juga menambahkan bahwa sejauh ini model test UTBK-SNBT yang validilitas, soal test UTBK-SNBT masing-masing peserta berbeda tidak ada yang sama untuk itu kevalidatasan pelaksanaan test UTBK-SNBT. Hasil test bagi beberapa perguruan tinggi negeri ini dapat kita gunakan sebagai acuan penerimaan jalur mandiri. Kita memberikan pelayanan prima kepada para peserta UTBK-SNBT. UNP menyediakan posko layanan informasi dan berbagai kendaraan untuk membantu para peserta yang terlambat ujian. (SS/Humas UNP/ inddatu)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS