Ticker

6/recent/ticker-posts

Dihadiri Prof. . Ir. Nizam, UNP Padang Gelar Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat

 


universitas Negeri Padang (UNP) perdana menggelar sidang terbuka Majelis Wali Amanat (MWA), Kamis (6/4) di Auditorium UNP, Kampus Utama Air Tawar, Padang. Sidang Terbuka MWA UNP ini dihadiri oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Dr. Iwan Syahril, Ph.D., Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P., Anggota MWA tingkat Universitas dan Fakultas, Ketua Senat Akademik Universitas, Anggota MWA wakil dari masyarakat Drs. Nadirman, MM, dan Sudarsono, S.H., L.LM, pimpinan selingkungan UNP, serta para dosen dan tenaga kependidikan UNP.


Ketua MWA UNP, Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan sidang terbuka perdana yang diadakan semenjak UNP menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Sidang terbuka ini juga merupakan momen istimewa karena seluruh unsur UNP dapat berkumpul bersama di Auditorium UNP ini. “Wujud pertanggungjawaban Rektor untuk kegiatan UNP tahun 2022 serta untuk menunjukkan bahwa MWA dengan Rektor mengemban amanah akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan kepada pemerintah, keluarga besar UNP, pemangku kepentingan lain, dan masyarakat umum,” disampaikan Ketua MWA UNP pada saat pembukaan sidang.



 

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan bahwa kegiatan ini disamping acara inti laporan tahunan Rektor juga sebagai ajang silahturami bagi sivitas akademika dengan MWA dan SAU UNP. Rektor UNP menyampaikan bahwa penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan Universitas Negeri Padang PTN-BH mengacu pada Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.379/M/KPT/2018 Tentang Kebijakan Akuntansi Bagi Perguruan Tingi Negeri Badan Hukum. Penyampaian laporan tahunan rektor hari ini, sesuai dengan kesepakatan rektor dengan MWA bahwa laporan ini harus memegang prinsip akuntabilitas dan transparasi kepada publik khususnya sivitas akademik untuk mengetahui kondisi dan harapan UNP hari ini. Kondisi UNP hari ini sangat diperlukan kolaborasi dan kerjsama kita semua untuk membangun UNP ini agar terjadi lompatan-lompatan sehingga harapan pemerintah terhadap UNP menjadi salah perguruan tinggi World Class University.



Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. menyampaikan bahwa PTN BH adalah level tata kelola yang paling otonom dalam perguruan tinggi negeri. Setiap otonomi selalu disertai dengan akuntabilitas. Dirjen mengapresiasi UNP dalam sidang terbuka UNP yang melaporkan capaian seluruh sivitas akademika UNP dibawah kepimpinan rektor UNP tidak hanya sivitas akademika juga kepada masyarakat luas. Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, mengingatkan beberapa hal penting dalam keberhasilan perguruan tinggi dengan istilah “LOTEK” yakni Leadership, Organisasi, Transformasi, Efisiensi, dan Kolaborasi kemitraan. Kelima unsur unsur dapat menjadi renungan bagi kita semua untuk kemajuan UNP.



Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Dr. Iwan Syahril, Ph.D., dalam sambutannya menegaskan esensi merdeka belajar sebenarnya adalah upaya problem solving terhadap satu hal yang sangat fundamental yakni krisis pembelajaran. Indonesia mendapatkan apresiasi dunia internasional terhadap berbagai inovasi yang dilakukan pendidikan tinggi di Indonesia.


Dirjen PAUD Dikdasmen juga mengajak seluruh sivitas akademika untuk menciptakan inovasi, kuatkan barisan jangan takut untuk mencoba dan kegagalan dalam berinovasi. Diakhir sambutannya Dirjen PAUD DIkdasmen berharap agar UNP menjadi terdepan terutama dalam pendidikan guru.



Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Ir. Arifin Tasrif dalam video sambutannya mengatakan bahwa laporan tahunan UNP 2022, merupakan wujud pertagunggjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsi UNP untuk mencapai tujuan dan sasaran selama tahun 2022 serta merupakan cermin komitmen dalam menjalankan visi dan misi UNP. Beberapa tantangan kedepan yang perlu kita hadapi yakni meningkatkan persaiangan antar perguruan tinggi nasional/ internasional dan kompetensi kualitas lulusan perguruan tinggi. Menteri ESDM berharap UNP dapat terus meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi, kualitas dosen, kurikulum dan kontribusi pengabdian masyarakat dan kerjasama nasional maupun internasional. laporan tahunan UNP tahun 2022 menjadi bahan evaluasi dapat digunakan untuk perbaikan dan peningkatan pada tahun-tahun berikutnya.


 Sinergitas antar perguruan tinggi khususnya UNP memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan pendidikan di Sumbar.


Setelah Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat, Rektor UNP berserta Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., melakukan peresmian gedung Fakultas Teknik (Gedung A Dekanat), dan Gedung laboratorium Fakultas Ilmu Sosial UNP disaksikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Dr. Iwan Syahril, Ph.D., Gubernur Sumatera Barat. (SS/Humas UNP)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS