Ticker

6/recent/ticker-posts

Wisata Pantai Batu Kalang

 

Oleh : Natasa Harifa mahasiswa universitas Andalas Fakultas sastra Minangkabau 


Pesisir Selatan memang cukup dikenal dengan keindahan tempat wisatanya dan banyaknya tempat wisata yang harus dikunjungi. Pesisir Selatan merupakan daerah yang kaya dengan objek pariwisatanya yang di mana pesisir selatan ini juga dikenal dengan sejuta pesona.

Dalam hal ini yang menjadi suatu objek dalam wisata adalah  tempat yang menjadi kunjungan pengunjung karena mempunyai sumber daya, baik itu alami maupun buatan manusia, seperti keindahan alam atau pegunungan, maupun pantai. 

Objek wisata adalah segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi seseorang untuk mengunjungi suatu daerah tertentu. Dengan jarak adanya kegiatan atau objek yang dilakukan pengunjung.

Sebagai pusat wisatawan, tentunya target utama para pengelola wisata pantai tersebut adalah wisatawan yang berasal dari tempat yang jauh, seperti wisatawan yang datang dari Padang maupun luar kota lainnya. Tentu dalam hal ini juga akan mengundang para wisatawan yang ada di daerah lainnya. Agar tempat wisata ini lebih banyak lagi dikunjungi oleh wisatawan, yang di mana dalam pengertian objek wisata sendiri sudah dijelaskan di atas yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi seseorang untuk mengunjungi suatu daerah.

Selain itu tempat objek wisata ini juga menyediakan tempat beribadah seperti Mushola yang mana para pengunjung tidak akan khawatir lagi dan tidak akan susah jika ingin beribadah. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar namun masih bisa digunakan dan layak dipakai oleh para pengunjung wisatawan yang datang di Pantai Batu Kalang tersebut. Di sana juga menyediakan kamar mandi kecil atau toilet jika pengunjung ingin mengganti pakaian atau ingin membersihkan seluruh badannya setelah menghabiskan waktunya bermandi-mandian di tepi pantai tersebut.

Berdasarkan rencana pengembangan produk baru pariwisata  berdasarkan potensi objek yang telah dipilih, yaitu Pantai Batu Kalang. Pantai Batu Kalang adalah pantai yang dilatarbelakangi oleh pohon kelapa dan dengan pemandangan hutan bakau. Kenapa dinamakan dengan sebutan Pantai Batu Kalang itu dikarenakan di pantai tersebut banyak batu yang besar-besar, maksudnya batu tersebut adalah penghalang di pesisir pantai tersebut.

Produk pariwisata merupakan pelayanan yang diperoleh atau dinikmati oleh wisatawan setelah ia berkunjung ke tempat pariwisata tersebut. Baik itu pelayanan perjalanannya, tempat penginapan jika wisatawan tersebut ingin menginap, penyediaan tempat makan, transportasi serta fasilitas yang disediakan.

Pesisir Selatan memang cukup terkenal dengan keindahan alamnya dan tempat pariwisatanya. Karena objek wisata yang ada di sini pun selalu dibuka setiap harinya, tentu ini juga merupakan suatu hal yang menguntungkan penduduk sana untuk lebih meningkatkan perekonomian mereka. Sebagai contoh potensi produk pariwisata yang cocok dengan kondisi wisata yang ada di Pantai Batu kalang tersebut ialah ketersediaannya jasa penginapan yang ada di tempat wisata tersebut. Karena tempat wisata ini dibuka setiap hari, tentunya para wisatawan membutuhkan tempat tinggal untuk mereka beristirahat di sana.

Bisa dikatakan tempat wisata yang ada di Pantai Batu Kalang cukup memuaskan hati para pengunjung, namun alangkah baiknya adanya rencana baru yang ingin ditambahkan, seperti penginapan, restoran, transportasi, serta fasilitas yang lainnya. Oleh sebab itu ketersediaan nya jasa seperti yang telah disebutkan tadi sangat berpotensi besar bagi para pengunjung, dapat diuraikan sebagai berikut :

Penginapan, dapat diuraikan penginapan merupakan jenis tempat tinggal yang akan di tempatkan oleh para wisatawan yang tinggal jauh atau bepergian lebih dari satu hari maka penginapan tersebut. Jasa ini sangatlah dibutuhkan oleh para wisatawan karena di sini mereka bisa untuk pergi tidur, beristirahat, serta menyimpan barang-barang bawaannya. Karena di tempat wisata Pantai Batu kalang ini belum menyediakan penginapan, ini merupakan ide yang sangat bagus sekaligus menambah keuntungan serta melancarkan ekonomi penduduk di sana.

Selain itu tentunya penginapan tersebut harus menyediakan fasilitas yang lengkap agar pengunjungnya pun merasa nyaman dengan pelayanan yang ada di penginapan tersebut. Fasilitas yang harus disediakan di sana yaitu :

- Free WiFi, fasilitas ini tidaklah menjadi hal yang heran lagi karena di setiap penginapan tentunya pasti menyediakan Wi-Fi. Fasilitas ini sangatlah berguna bagi para tamu yang menginap di sana agar mereka merasa lebih nyaman lagi untuk tinggal di sana. Selain itu biasanya layanan ini memang banyak digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi tamu yang datang baik itu dalam urusan bisnis maupun pribadi.

- Kamar mandi, tentu saja kamar mandi ini sangat berguna bagi para tamu yang menginap di penginapan tersebut, terlebih lagi kamar mandi tersebut kamar mandi dalam karena adanya kamar mandi di dalam tidak akan membuat para tamu untuk mengantri dengan para tamu lainnya.

- Televisi, fasilitas ini sangatlah perlu bagi penyewa penginapan agar para tamu yang menginap di sana tidak merasakan bosan jika sudah berada di dalam penginapan tersebut.

- Pendingin ruangan maupun pemanas ruangan, fasilitas ini juga sangat diperlukan karena mungkin ada juga para tamu yang membutuhkan pendingin ruangan jika mereka tidak terbiasa dengan kondisi lingkungan yang ada di sekitar tempat wisata tersebut dan mungkin juga diperlukan fasilitas pemanas ruangan karena tempat wisata tersebut berada di dekat pantai mungkin para tamu merasa kedinginan maka haruslah disediakan pemanas ruangan tersebut agar para tamu lebih nyaman dan merasa tenang di dalam penginapan tersebut.

Restoran, fasilitas ini tentunya juga sangatlah diperlukan bagi para pengunjung yang berkunjung di tempat wisata tersebut, karena di dalam restoran ini menyediakan makanan dan minuman yang di mana makanan dan minuman ini sangatlah diperlukan dan sangat mengatasi kebutuhan para pengunjung wisatawan tersebut.

Transportasi, fasilitas ini juga sangat berguna bagi para wisatawan yang berdatangan ke pantai tersebut, karena setelah ditelusuri para pengunjung atau pariwisatawan yang berdatangan ke wisata tersebut datang berbondong-bondong dengan menggunakan bus pariwisata. Apalagi ketika hari-hari lebaran banyaknya bus pariwisata yang berdatangan sangatlah banyak dari 5 sampai 10 bus pariwisata yang ada di sana. Jadi transportasi yang dibutuhkan adalah seperti ketersediaannya transportasi kecil seperti kendaraan roda dua maupun kendaraan roda tiga. Maksud dihadirkannya kendaraan roda dua maupun roda tiga ini adalah untuk memudahkan para pengunjung wisatawan yang berdatangan ke sana jika mereka ingin bepergian keluar maupun keliling-keliling daerah tersebut. Karena tidaklah mungkin bus pariwisata tersebut membawa para wisatawannya untuk mengelilingi daerah sekitar sana menggunakan bus itu melihat keadaan maupun kondisi keramaian yang ada di sana.

Kuliner atau oleh-oleh, ini juga sangatlah diperlukan karena setelah dilihat masih kurang adanya kuliner maupun oleh-oleh. Alangkah baiknya jika tempat wisata ini menyediakan kuliner atau oleh-oleh agar para pengunjung wisatawan pun tidak merasa bosan dan mereka juga bisa menikmati kekhasan yang ada di tempat wisata tersebut.

Aksesoris, dalam suatu objek pariwisata tentu saja harus ada pernak-pernik atau kenangan yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan setelah berkunjung ke tempat wisata Pantai Batu Kalang tersebut. Itu juga menguntungkan bagi para penduduk desa yang ada di sana karena itu juga akan meningkatkan dan menambah hasil mata pencahariannya dan perekonomiannya pun menjadi lebih meningkat setelah diadakannya aksesoris. Adapun jenis-jenis aksesoris yang harus diadakan yaitu seperti kalung, gelang, selendang, tas, topi, dan ide-ide aksesoris lainnya lagi jika ada.

Keasliannya, dengan adanya ide produk baru di bidang jasa penginapan, restoran, transportasi, kuliner dan oleh-oleh, serta aksesoris yang menjadi keaslian di daerah objek wisata tersebut. Ide ini muncul dari adanya kekurangan di dalam suatu objek wisata yang ada dan ide ini pun muncul dari kesadaran masyarakat yang tinggal di daerah sana.

Keunikan, tentu saja hal ini akan menjadi unik karena jika diadakan layanan seperti penginapan, restoran, transportasi, kuliner dan oleh-oleh, serta aksesoris tadi akan membuat para pengunjung betah dan ingin lagi mengunjungi tempat wisata tersebut. 

Estimasi peminat, ini merupakan kegiatan yang memperkirakan adanya jumlah peminatan wisatawan dengan adanya produk maupun jasa pada masa yang akan datang. Dengan begitu para pengunjung wisatawan yang datang ke wisata Pantai Batu kalang tersebut akan lebih meningkat dan akan lebih di perhitungkan lagi fasilitas yang akan disediakannya.

Strategi pemasaran, strategi pemasaran yang bagus agar meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung tentunya harus sesuai dengan perkembangan zaman sekarang, seperti memanfaatkan media online untuk mempromosikan objek wisata atau produk wisata yang telah disediakan maupun yang baru diadakan.

Keuntungan yang diperoleh oleh masyarakat dan pengelola, keuntungan yang diperoleh tentu saja yaitu perekonomian masyarakat sekitar daerah tersebut menjadi lebih meningkat dan tentu saja itu dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di sana.

Aksessibilitas, untuk menuju ke objek pantai Batu kalang ini tentu saja sangatlah mudah karena Pantai Batu Kalang ini sudah termasuk kategori tempat wisata internasional dan tempat ini tidaklah hal yang mengherankan lagi karena sudah banyak dikenal oleh orang manapun.

Keberlanjutan produk baru, supaya produk baru ini tetap berlanjut pengelola tentu saja harus lebih mengadakan ide-ide baru di mana agar objek tersebut terlihat lebih menarik lagi dan lebih unik.

Dengan begitu pengembangan produk baru di Pantai Batu kalang ini akan lebih baik dan akan menjadi destinasi tempat wisata yang lebih menarik lagi tentunya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS