Ticker

6/recent/ticker-posts

Parit Beton Tebing Sungai Batang Bayang Pemerintah Siap Untuk Membangun


 

oleh: Obral Chaniago



Aur Begalung, Bayang. 

Tebing sungai porak-poranda dan meluluhlantakkan tanaman pangan di areal pertanian sawah serta ladang penduduk setiap banjir bandang Sungai Batang Bayang, Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat (Sumbar). 


Terkait tentang info ini Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy pada pertengahan tahun 2022  lalu telah mengunjungi dampak negatif dari korban banjir dan menghimpun aspirasi masyarakat yang berada di bantaran Sungai Batang Bayang. 


Kabar ini diinfokan Walinagari Aur Begalung Kecamatan Bayang Pessel, Musrial, ST saat dijumpai awak media ini di Kampung Lubuk Begalung, Selasa 28 Maret 2023.


Menurut Musrial, ST pula, kunjungan Wagub Sumbar Audy Joinaldy di lokasi bendungan parit beton tebing sungai di Kapalo Koto Kampung Lubuk Aur Kenagarian Aur Begalung, disini Wagub Sumbar Audy Joinaldy sangat meresponi rencana Sungai Batang Bayang dilakukan normalisasi dan revitalisasi serta membeton timbal-balik tebing sungai dan terbentuknya jalan usaha tani sepanjang 12 kilometer disepanjang bantaran Sungai Batang Bayang dari Kenagarian Kapujan sampai ke Muara Api Api Kenagarian Pasar Baru Bayang. 


Kedatangan Wagub Sumbar Audy Joinaldy bersama Kepala Balai Sungai Wilayah V Sumbar dan Bupati Pessel Rusma Yul serta segenap ke-PU-an Dinas Pemberdayaan Sumber Daya Air (PSDA) Propinsi Sumbar dan ke-PU-an Pessel, telah merencanakan ini, katanya. 


Dan, juga Bupati Pessel Rusma Yul siap untuk mengurus ke pemerintah pusat guna bertemu langsung dengan Link kawan kawan politisi-nya serta berkoordinasi langsung pula dengan tokoh politik asal Pessel bersama Alirman Sori (DPD RI), Darizal Basyir (DPR RI), dan tokoh politisi asal Pessel di DPRD Sumbar.


"Pada kesempatan ini Wagub Sumbar dan Bupati Pessel serta Kepala Balai Sungai Wilayah V Sumbar memberikan arahan dan saran positif supaya terbentuk terlebih dahulu seperti kesepakatan masyarakat melalui Forum Masyarakat Pimpinan Walinagari terkait dengan bibir Sungai Batang Bayang", ulasnya. 


"Forum Walinagari Pengendalian Sungai Batang Bayang sebetulnya sudah boleh dikatakan telah ada, namun semangat ini lagi yang perlu digagas oleh Forum Masyarakat sebagai Inisiator Pengendalian Sungai Batang Bayang. Dan, dalam waktu dekat kita dari Forum Walinagari Bayang akan membahas ini secepatnya dan hasil rapatnya akan kita tujukan ke pemerintah kecamatan, kabupaten, propinsi dan ke pemerintah pusat", harapnya. 


#800 Meter Bibir Sungai Batang Bayang Menggerus Timbal-Balik Tebing Selama 60 Tahun Nan Lalu*##


Terkait ganasnya arus deras Sungai Batang Bayang menerjang sisi tebing sungai saat banjir bandang. 


Putra asal Kampung Lubuk Gambir Uztad Bu sri (57) sekarang domisili Jakarta, katanya sekitar setengah abad nan lalu rumah orangtuanya pernah hanyut diberondong banjir sungai ini. 


"Dan, begitu juga sebuah Masjid Arrahman di Koto seberang sungai Kampung Lubuk Begalung 55 tahun lalu juga tersungkur diterjang banjir mengikuti tebing dan tenggelam di sungai ini", kenang Walinagari, Musrial, ST. 


Dikatakanya, "nyaris sebanyak 300 buah rumah penduduk hanyut dari puluhan tahun yang lalu diberondong banjir sungai dan terpaksa pindah tempat domisili ke perkampungan lain bahkan ada yang urban ke kota pergi merantau akibat tanah tempat berpijak telah masuk ke dalam sungai", ceritanya. 


Jika dihitung puluhan tahun nan lalu lebar tanah yang telah diberondong banjir sungai mencapai 800 meter berada didalam sungai masing masing di seberang sungai ini dan disetiap perkampungan yang bersentuhan dengan bibir sungai, unjuknya. 


"Jika Sungai Batang Bayang meluap bisa membanjiri belasan kenagarian dan puluhan perkampungan dan ribuan rumah penduduk tergenang banjir", ungkapnya. 


Disini Walinagari Aur Begalung, Musrial, ST memaparkan pandangannya, seyogianya telah siap dilakukan normalisasi dan revitalisasi serta parit-beton timbal-balik tebing Sungai Batang Bayang akan dapat menjadi kekayaan destinasi wisata Sungai yang dibubuhi dengan budidaya ratusan ribuan bibit ikan larangan ditebar sehingga dapat dipanen sekali 4 bulan buat kekayaan masyarakat adat dan kekayaan Badan Usaha Milik Nagari (BUMnag), pintanya demikian. 


#Inilah Kenangan Sungai Batang Bayang Riwayatmu Kini*##


Dan, datanglah mandi berenang disepanjang bantaran Sungai Batang Bayang.


Airnya jernih dan bening, deras memuaskan pesona indah pinggir sungai. 


Daerah perbukitan nan hijau timbal-balik perkampungan. 


Disini melepas kerinduan dengan Kampung halaman bersama sanak-family serta saudara. 


Riwayat kenangan bersama eloknya Sungai Batang Bayang sebagai obat penyejuk hati nan bimbang. 


Datanglah mandi berenang dengan sumber air jernih dari lereng bukit barisan berhulu di Dusun Sariak Bayang-bermuara di Api Api pinggir laut pantai barat pulau perca.


Telah menahun hidup di negeri rantau 

air batang bayang terus mengimbau-


berhambauan datang mandi berenang-red.(*). 


Obral Chaniago, 

Penulis: Journalist.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS