Ticker

6/recent/ticker-posts

Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Hadir di POMNAS 2022 UNP

 




Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Hadir di POMNAS 2022 UNP.Universitas Negeri Padang selalu meningkatkan semangat dan kompetensi Kewirausahaan mahasiswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan UNP yakni menghasilkan lulusan kompetitif dan inovatif. Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir & Kewirausahaan UNP (UPT PKK) secara rutin setiap tahun melaksanakan program Expo Kewirausahaan Mahasiswa.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pelaksanaan Ekspo Kewirausahaan, Tim Redaksi Majalah UNP melakukan wawancara dengan Prof. Dra. Asmar Yulastri, M.Pd, Ph.D, selaku Kepala UPT PKK UNP. Berikut petikan wawancaranya.

Apa tujuan dari pelaksanaan Ekspo Kewirausahaan yang dilaksanakan oleh UPT PKK?

Ekspo Kewirausahaan merupakan agenda rutin setiap tahunnya dalam Program Kerja UPT UPT-PKK. Ekspo Kewirausahaan sendiri merupakan rangkaian dari kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Oleh karena itu seluruh mahasiswa peserta PMW wajib mengikuti Ekspo Kewirausahaan ini. Walaupun demikian, kegiatan ekspo kewirausahaan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa peserta PMW, tetapi kita juga menghimbau seluruh mahasiswa UNP yang telah memiliki usaha untuk ikut dalam ekspo ini, baik usaha mandiri ataupun usaha yang didanai dari pendanaan lain seperti dari Belmawa Dikti Kemendikbud Ristek, Bank Indonesia, Kementrian Pemuda dan Olah Raga dsb.

Bagaimana perkembangan pelaksanaan Ekspo Kewirausahaan dari tahun ke tahun? Apa inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh UPT PKK untuk meningkatkan minat mahasiswa dan masyarakat terhadap Ekspo Kewirausahaan?

Alhamdulillah dari tahun ke tahun kegiatan Ekspo mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya jumlah peserta disebabkan kelompok wirausaha mahasiswa UNP juga semakin meningkat. Dari segi produk, banyak inovasi-inovasi yang dikakukan oleh mahasiswa sehingga untuk tahun 2022 mahasiswa UNP juga lolos di kompetisi P2MW sebanyak 6 kelompok.

Sejauh ini, bagaimana mana peran Ekspo Kewirausahaan dalam membangkitkan semangat dan membentuk jiwa kewirausahaan mahasiswa UNP?

Ekpo Kewirausahaan yang dilaksanakan oleh UPT PKK sangat membantu untuk meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha karena mereka mendapat pengalaman langsung dalam melakukan aktivitas kewirausahaan. Mereka merasakan bagaimana suka duka dalam menjalan usaha serta mendapatkan peluang-peluang baru baik dari interaksi dan kolaborasi sesama mahasiswa maupun dengan UMKM serta para konsumen atau pengunjung. Selama perkuliahan di kelas mereka lebih banyak menerima dan mendapatkan teori kewirausahaan dan dengan adanya Ekspo mereka dapat mengaplikasikan secara langsung teori yang mereka dapatkan dalam perkuliahan.

Apa harapan dari UPT PKK terhadap pelaksanaan Ekspo Kewirausahaan selanjutnya?

Tentunya UPT PKK sangat berharap kepada pimpinan UNP untuk selalu membawa event-event nasional ke UNP sehingga mendatangkan banyak orang dan pengunjung yang sekaligus merupakan pasar potensial dalam pelaksanaan ekspo kewirausahaan mahasiswa. Hal ini sejalan dengan harapan dan keinginan mahasiswa pada umumnya agar mereka dapat menampilkan kreativitas wirausaha serta mengasah entrepreneurial skil-nya. Mc

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS