Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Hamsuardi Ikuti Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat yang Dipimpin Kapolri



 Bupati Hamsuardi Ikuti Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat yang Dipimpin Kapolri 


Pasbar, jurnalissumbar.com- 


Bupati Hamsuardi bersama Dandim 0305 Pasaman dampingi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pasaman Barat (Pasbar), AKBP Agung Basuki mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang Kesiapan Menghadapi Idul Fitri 1444 H/ 2023 yang dipimpin oleh Kapolri didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) secara daring, Kamis (6/4) di Polres Pasbar.


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam arahannya menyampaikan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-1 (Jumat, 21 April 2023) dengan potensi pergerakan 18,7 juta orang (15,1%). Terjadi peningkatan diperkirakan mulai dari H-3 (Rabu,19 April 2023). Kementerian Perhubungan memproyeksikan jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang pada Lebaran 2023 yang masih didominasi menggunakan transportasi pribadi.


Muhadjir menghimbau agar upaya pengamanan pada event mudik Lebaran 2023 harus lebih ekstra, karena diprediksi akan terdapat lonjakan pergerakan masyarakat dibandingkan dengan tahun 2022. 


Manajemen arus mudik di lapangan diminta harus dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi. Panglima TNI dengan Kapolri dan Kemenhub segera susun perencanaan dan design seperti tahun sebelumnya dengan lebih detail yang mencakup operasional mobil barang, jalur alternatif, rekayasa lantas, harga tiket, rest area dan SPBU.


Hal senada juga disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, upaya Polri guna menekan jumlah laka lantas pada Ops Ketupat 2023 yang akan dilaksanakan kurang lebih selama 14 hari dari tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.


Pertama, melakukan pemetaan jalur rawan kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) melalui analisa data dan anatomi laka lantas pada tahun sebelumnya. Kedua, meningkatkan edukasi perilaku mengemudi yang aman dan sosialisasi pada jalur rawan laka lantas dengan memasang himbauan memasuki lokasi rawan laka lantas dan rambu portable.


Ketiga, bekerjasama dengan stakeholders yakni Dishub dan Menteri Kesehatan melakukan uji kelayakan kendaraan dan memeriksa kesehatan pengemudi di terminal atau titik pemberangkatan mudik lainnya. Terakhir, berkoordinasi dengan stakeholders yakni Dishub, Pemda dan PUPR terkait pemenuhan sarana dan prasarana penunjang seperti perbaikan jalan yang rusak, penambah jumlah rambu, serta menambah tempat peristirahatan bagi pemudik.(hn)**

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS