Ticker

6/recent/ticker-posts

Safari Ramadan Perdana, Ketua DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Bentengi Moralitas Generasi Muda Melalui Aktivitas Masjid



Safari Ramadan Perdana, Ketua DPRD Sumbar 




LIMAPULUHKOTA, - Awali agenda Safari Ramadhan 1444 Hijriah, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi sambangi Masjid Raya Tanjung Jati, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluhkota, Jumat (24/3/2022). 


Pada kesempatan tersebut,  Supardi mengajak masyarakat Nagari VII Koto menjadikan masjid sebagai sarana membentengi moralitas generasi muda dari fenomena sosial menyimpang di tengah masyarakat, salah satunya Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT). 


" Untuk sekarang kita dirisaukan dengan penyakit yang berasal dari manusia itu sendiri, seperti perilaku seksual menyimpang (LGBT) hingga tingginya  peredaran narkoba, untuk itu perlu langkah antisipasi dengan menghidupkan aktivitas masjid kepada generasi muda," katanya.


Dia mengatakan untuk persentase LGBT dan penyebaran narkotika di Sumbar, cukup tinggi. Prinsipnya dengan banyak menghabiskan waktu di masjid, maka akan mendapatkan perlindungan dari yang maha kuasa, kita yakin dan percaya akan hal itu. 


Diharapkan mesjid tidak hanya sebagai tempat beribadah, namun juga sebagai pusat kegiatan masyarakat yang memprioritaskan penanaman nilai-nilai moral kepada generasi muda.


Dalam agenda itu Ketua DPRD Sumbar Supardi menyerahkan bantuan dana hibah Tim Safari Ramadhan (TSR) pemerintahan provinsi sebesar Rp 50 juta untuk kelangsungan operasional masjid, begitupun Bank Nagari juga menyalurkan bantuan sebesar Rp 10 juta.


Bantuan yang diserahkan merupakan bentuk motivasi kepada pengurus dan warga sekitar, untuk membuat program-program meramaikan masjid.


" Kita ingin masyarakat yang beribadah di Masjid Raya Tanjung Jati bisa merasa nyaman," katanya.


Dia mengajak, seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam penanggulangan dan pemberantasan narkoba. Orangtua hendaknya menjaga anak-anak, begitu juga ninik mamak dan tokoh masyarakat.


Sementara itu Wali Nagari VII Koto Talago, Yondri, menjelaskan kondisi sosial masyarakat Kenagarian VII Koto Talago yang sering terjerat rentenir untuk meminjam permodalan usaha kecil menengah. Bahkan ada juga yang kesulitan untuk membayar dan bunganya semakin besar.


" Tidak hanya persoalan rentenir, krisis moral juga menghantui generasi muda daerah ini," katanya.


Dia mengatakan, telah terjadi dregarasi moral terhadap generasi yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya perkembangan teknologi informasi, hal itu harus menjadi perhatian bersama. 


Pada kunjungan itu Ketua DPRD Sumbar didampingi oleh Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Peraturan Perundang-Undangan Zardi Syarief dan Kepala sub bagian (Kasubag) Humas Protokol Dahrul Idris. 


Tidak hanya didampingi unsur Sekretariat DPRD Sumbar, beberapa OPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) juga ikuti dalam agenda yang diikuti ratusan jamaah tersebut.


Adapun OPD tersebut adalah, Dinas PMD  dan PTSP, Inspektorat hingga Biro Bina Mental dan Kesra. Juga tampak beberapa perwakilan Bank Nagari, Komandan Lanud Sutan Sjahrir dan Komisioner KPU Sumbar, seluruh unsur tersebut merupakan rombongan TSR III Pemprov yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS