Ticker

6/recent/ticker-posts

Eksistensi Alat Musik Saluang sebagai pengiring musik tradisional minang dalam era dunia digital

 


    Oleh : 

Hendri Pratama

             

   Mahasiswa jurusan sastra Minangkabau

Universitas Andalas Padang



Musik tradisional minangkabau ialah sebuah kesenian lama yang dimainkan serta di dengarkan oleh masyarakat minangkabau . bermain musik tidak hanya sekedar memainkan saja melainkan bermain musik harus diiringi oleh beberapa macam alat musik misalnya alat musik pukul, alat musik tiup ,Alat musik gesek serta alat musik petik.


Keberagaman musik yang terdapat di wilayah Minangkabau, ialah sebuah kekayaan budaya yang sangat berharga. Dari Warisan tersebutlah yang mencerminkan betapa kreatifnya para seniman- seniman dari masa lalu Yang telah menciptakan entitas-entitas keberagaman musik – musik tradisional yang saling berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Perbedaan-perbedaan tersebut lah yang bisa terjadi pada bentuk fisik, sumber bahan, ukuran, tata cara memainkan, suara yang dihasilkan, lagu-lagu yang dimainkan, jumlah pemain, karakter musiknya, konsep musiknya, kategori musik, serta masyarakat pendukung dan fungsi- fungsi di masyarakat. Saluang merupakan alat musik tradisional khas masyarakat minangkabau berbentuk seruling yang terbuat dari bambu atau talang yang dimainkan secara di tiup .Saluang memiliki bunyi dengan nada nada yang indah, dan saluang juga berfungsi sebagai iringan dendang. 


Musik Minangkabau berjalan melalui generasi dan masyarakat yang berbeda beda , ada yang berkembang dan makmur, serta menantang atau melanjutkan zaman, tetapi ada yang berakhir dan mati, meninggalkan nama tanpa ahli waris. Bahkan ada yang diibaratkan dalam pepatah hidup segan mati tidak mau, dari hal tersebut. Tentu saja, kita tidak berharap warisan budaya hilang tanpa jejak, tanpa ahli waris, tanpa berkas , dll. Sekian lama berlalu dalam berbagai dinamika, namun tak banyak catatan sejarah yang bisa kita jadikan sebagai bahan bacaan atau referensi bagi generasi penerus selanjutnya. Permasalahan penting yang belum dilakukan dengan serius ialah pada pemetaan seni yang tidak ditindak lanjuti dengan inventarisasi dan dokumentasi.


Saluang merupakan kesenian alat musik tradisional minangkabau sejenis suling atau suliang yang terbuat dari bambu atau di kenal dengan istilah talang. Alat musik tradisional saluang ini termasuk kedalam klasifikasi aerphone, ini berfungsi sebagai instrument melodi dalam sebuah kesenian pertunjukan. Saluang juga disebut sebagai musik tradisi yang dipertunjukan bersama dengan dendang. Dendang di nyanyikan oleh tukang dendang ( pedendang). Dan saluang juga berfungsi sebagai pengiring dendang dengan memainkan melodi-melodi dendang dengan secara bersamaan dengan pedendang.


Musik tradisional saluang memiliki keragaman keunikan, terutama dalam penyebutan alat musiknya. Dalam sebutan yang sama justru jenis ornalogis alat musiknya berbeda, dan ada pula jenis yang sama tetapi memiliki sistem musikal yang berbeda. Didalam sejarah perkembangannya alat msuik saluang ini terdapat berbagai macam jenis saluang di minangkabau diantaranya yaitu: saluang darek, saluang sirompak, saluang pauah dan saluang panjang. Dalam saluang, tentu memiliki Masing masing struktur yang memiliki beragam struktur seperti struktur bentuk ( instrument), warna bunyi dan juga teknik memainkan yang berbeda. Maka Dari perbedaan perbedaan tersebutlah saluang menjadi ciri khas dari masing- masing instrument sesuai dengan krakter daerah tempat alat musik tersebut tumbuh dan berkembang.

Secara umum seni musik saluang di Minangkabau berfungsi sebagai sarana hiburan bagi masyarakat yang mendukungnya. Meskipun alat musik saluang dahulu sering digunakan sebagai alat ritual (magis), namun seiring dengan perubahan zaman dan cara berpikir serta berperilaku masyarakat, seni saluang saat ini hanya digunakan sebagai media hiburan. 

Dalam masa sekarang ini pertunjukan musik Saluang sering ditampilkan pada acara acara formal maupun non formal seperti pesta pernikahan (baralek), tagak gala, dan juga beberapa upacara adat yang ada di Minangkabau.


Selain itu ada juga teknik meniup saluang,Di dalam Teknik meniup saluang yang dimaksud disini ialah menghembuskan udara dari rongga mulut ( kerongkongan) kearah sesuai dengan cara mengecutkan bibir kearah sesuai. Bibir yang dikecutkan itu tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil kelubang hembusannya.

Ada 2 teknik meniup saluang

1. Meniup alat musik saluang , dari sebuah tiupan yang berasal dari kerongkongan dalam organ mulut tubuh manusia.

2. tiupan dari mulut yaitu tiupan udara yang dilahirkan dari ronga mulut dimana seolah- olah terdapat gelombang udara didalam rongga mulut tersebut yang siap untuk ditiupkan ke sesuaian lubang saluang.

Di era digital saat ini musik tradisional sudah jarang didengarkann langsung oleh masyarakat masyarakat terutama diminangkabau. Terutama dalam musik tradisional saluang. Dahulu musik saluang ini ramai peminat dan sekarang telah lenyap di era digital saat ini. Lenyap nya musik saluang ini dikarenakan kehilangannya minat serta ke pengetahuan anak muda serta generasi milenilal lainnya. Banyak anak muda yang tidak tahu apa alat musik saluang ini serta bagaiamana cara membuatnya maka demikian begitulah musik tradisional diminangkabau hilang begitu saja dikarenakan oleh dunia digital.

Dan di zaman digital yang kita rasakan saat ini merupakan tantangan tersendiri terhadap musik tradisional terutama saluang. Apakah saluang ini bisa bertahan atau harus kalah dengan alat musik modern yang mengalir begitu cepat di era yang serba digital ini. Semua ini tidak bisa dihindari karena apapun dalam hidup pasti ada perubahan. Sekarang tergantung kepada diri kita bagaimana cara menghadapi perubahan tersebut.

Harapan penulis Semoga di zaman serba digital ini musik tradisional minangkabau tidak lagi lenyap di kalangan anak muda sekarang, walupun musik tradisional minangkabau adalah sebuah kesenian kuno tetapi kita sebagai generasi muda tetapah melestarikannya serta sebagai anak muda kita bisa memanfaatkan era digital ini untuk menunjukkan kepada semua orang bahwasanya musik tradisonal merupakan musik yang bagus didengar dan memiliki beraneka ragam kesenian yang ditampilkan disana.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS