Ticker

6/recent/ticker-posts

Dishub Prov Sumbar Gelar Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Pasaman Barat




Pasbar, jurnalissumbar.com-- 

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggandeng Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2023, di auditorium kantor bupati setempat, Rabu (8/3). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Pasbar Hamsuardi. 

Turut Hadir pada Sosialisasi Perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Perwakilan Kelapa UPTD wilayah 3 Sumatera Barat, Kadis Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Perwakilan Kasatlantas Polres Pasaman Barat, Kepala OPD, siswa-siswi tingkat SLTA dan stakeholder terkait lainnya. 

Bupati Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan, penggunaan kendaraan terutama roda dua sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Namun, kesadaran akan pentingnya aturan dalam berkendara masih sangat kurang terutama di kalangan usia remaja. 

"Kita semua telah mengetahui tentang peraturan berlalu lintas yang telah diterapkan seperti tidak ugal-ugalan, menggunakan helm, mematuhi aturan, dan lain sebagainya, tapi kita masih saja melanggar hal tersebut. Untuk itu, sosialisasi ini penting kita adakan dengan mengikutsertakan anak-anak kita yang diharapkan dapat mengingatkan kembali komitmen berlalu lintas dengan baik di Pasbar," ungkap Hamsuardi.

Berdasarkan data di tahun 2022 menunjukkan, bahwa angka kecelakaan di Pasbar meningkat sebanyak 393 kali dengan korban 56 orang meninggal dunia. Dari angka kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, luka-luka hingga cacat seumur hidup tercatat sebagai korban adalah anak usia produktif yakni usia 13 hingga 32 tahun. Untuk itu, ia berharap pentingnya kesadaran dalam berlalu lintas. 

"Saya berharap kepada anak-anakku mulai hari ini marilah kita berlalu lintas dengan baik, sebab secara umum kita masih kurang sadar dengan aturan berlalu lintas. Di usia Pasbar yang menginjak 19 tahun tentu masih banyak kekurangan di jalan, seperti jalan rusak, banyaknya lobang di jalan, bahu jalan yang tidak ada, marka jalan dan sebagainya yang membuat kecelakaan di jalan. Kami akan berusaha hingga menjadi baik," ucap Hamsuardi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kabid Lalu Lintas dan Pembinaan Keselamatan Era Oktaviady menyatakan data kecelakaan yang terjadi di Sumbar pada tahun 2022 meningkat dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, di Sumbar pada tahun 2022 tercatat sebanyak 512 orang yang mengalami kecelakaan dan 56 orang berasal dari Pasbar. Kontribusi data pelaku dan korban adalah usia tingkat SLTA. 

Disamping itu, Kepala Dinas Perhubungan Bakaruddin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar yang telah menggelar acara tersebut di Pasbar. Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat lanjutnya, terus menggagas berbagai kegiatan, untuk mengurangi terjadinya kecelakan di jalan terutama kepada anak muda. 

"Banyak anak-anak kita ini belum usia yang tepat namun sudah dilepas orang tua menggunakan sepeda motor, baik untuk ke sekolah maupun berpergian ke tempat lain. Kegiatan sosialisasi ini akan kita gelar juga untuk tingkat SD dan SLTP. Kami berharap sekolah yang telah ditunjuk menghadiri kegiatan hari ini, menjadi pelopor di tengah masyarakat. Minggu depan kita juga mengadakan rapat internal membentuk forum LLAJ di Pasbar untuk membantu mensosialisasikan bagaimana keselamatan berlalu lintas ini," tangkas Bakaruddin. 

Diakhir kegiatan, Bupati Hamsuardi didampingi stakeholder terkait membagikan helm bagi siswa-siswi yang berhasil menjawab kuis dari Bupati Hamsuardi.(hn)**

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS