Ticker

6/recent/ticker-posts

Barlius, Punya Pemikiran Serius Pada Jebolan Sastra Minangkabau Diangkat Menjadi Guru P3K Di SLTA

 


Barlius, 

oleh:#Obral Chaniago*##



Ada harapan baru bagi jebolan jurusan sastra Minangkabau untuk diangkat menjadi guru P3K di sekolah tingkat SLTA di Sumatera Barat. 


Ungkapan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat ini, Barlius mengemukakanya pada awak media ini ketika dijumpai di kantornya, Rabu 1 Maret 2023.


Ia (Barlius) berharap pada jebolan jurusan sastra Minangkabau di perguruan tinggi jangan risau karena ada peluang yang lebih besar bisa memperoleh pengangkatan guru kurikulum Budaya Alam Minangkabau (BAM) di seluruh sekolah SLTA di Sumbar ini melalui jalur P3K, katanya. 


Karena prosesi pengangkatan guru budaya dari jalur P3K ada di ruang Slot guru pada Kemendikbud Pusat. 


Maka peluang pengangkatan guru BAM di SLTA dalam wilayah Propinsi Sumbar lebih besar lagi kedepannya. 


Kenapa Demikian ? 


Awak media ini sengaja menyempatkan diri guna mengutip penjelasan dan info dari Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius di sela waktu kesibukannya. 


Awak media ini disebabkan menjumpai Kepala Dinas Pendidikan Sumbar berdasarkan dengan informasi yang sedang berkembang di beragam banyak media publikasi telah mengabarkan, bahwa program studi (Prodi) sastra Minangkabau di perguruan tinggi di Sumbar termasuk "Prodi Sepi Peminat".


Inilah yang mencengangkan untuk kedepannya, dan harus dari sekarang perlu sugesti dan support bagi petinggi pemerintahan dalam propinsi ini. 

Jika tak mau ilmu kebudayaan Minangkabau punah di perjalanan. 


Sedangkan untuk menyuburkan kebudayaan ini perlu semangat baru guna memberikan energi positif bagi generasi muda supaya ter support melanjutkan studinya pada Prodi Sastra Minangkabau. 


Untuk langkah positif kedepannya dirasa perlu mahasiswa Prodi Sastra Minangkabau diberi suntikan pembiayaan melalui gratis uang kuliah dengan cara melalui kebijakan pemerintah propinsi Sumbar dengan sumber dana dari uang hibah perusahaan yang telah menggunakan Hak Guna Usaha (HGU) Tanah Ulayat Komunal Minangkabau. 

Dengan cara ini maka jurusan sastra Minangkabau pada Perguruan tinggi akan diminati oleh generasi pe lanjut cita cita kebudayaan BAM akan terus terpelihara. 


Untuk Lebih Jelas, Yuk Kita Intip Info Dari Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumbar ? 


Ternyata, info dari Kepala Dinas ini sangat mengembirakan bagi para jebolan jurusan sastra Minangkabau. 


Benar Rupanya ? 


Kadisdik Sumbar, Barlius ternyata telah serius sebelumnya memikirkan peluang peluang besar buat para jebolan sastra Minangkabau akan menjadi guru laskar budaya Minangkabau dalam materi ajar kurikulum budaya di seluruh sekolah SLTA di negeri bundo kandung Sumbar, ini nantinya-redaksi. 


Terkait ini juga Barlius pun bercerita, bahwasanya ia (Barlius) punya teman dosen sastra Minangkabau yang mengajarkan tentang Sastra Budaya Alam Minangkabau di salah satu Perguruan Tinggi di Leiden Negara Belanda, yang bernama-Doktor Suryadi, katanya.(*). 


#Obral Chaniago, 

Penulis adalah Journalist*##

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS