Ticker

6/recent/ticker-posts

UNP Padang Terima 10.115 Mahasiswa Baru . Ganefri Kita Miliki Prodi Yang Banyak

 


UNP Padang Terima 10.115 Mahasiswa Baru . Ganefri Kita Miliki Prodi Yang Banyak 




Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D kepada media di kampus Air Tawar Padang didampingi Wakil Rektor I (BIdang Akademik), Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt menyampaikan informasi kepada awak media sehubungan dengan pelaksanakan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024


Dimana Penerimaan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) tahun ajaran 2023/2024,  menerima 10.115 mahasiswa baru dari berbagai tingkatan dengan tiga mekanisme.


Ganefri menambahkan, ada tiga pola yang dilakukan dalam penerimaan mahasiswa baru di UNP nantinya. Yakni, jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.


"Sebanyak 10.115 mahasiswa baru ini akan diterima pada 84 program studi yang ada di UNP, yakni di jenjang pendidikan S1, D-IV dan D-III," katanya.


Untuk jalur SNBP tambah WR I Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt, dilaksanakan 14-28 Februari 2023 dan diumumkan 28 Maret 2023. Untuk jalur SNBT, akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni 8-14 Mei 2023 dan 22-28 Mei 2023.


"Materi tes terdiri dari tiga bagian, yakni tes potensi akademik skolastik, tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan tes penalaran matematika," tambah Refnaldi.




Ditambahkan wakil rektor bidang akademik Refnaldi  untuk tahun ini UNP Padang membuka 8 program studi (prodi) baru. Kedelapan prodi itu, yakni Teknik Geologi (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Ilmu Hukum (S1), Ilmu Pariwisata (S1), Pendidikan Dokter (S1), Profesi Kedokteran, Pendidikan Non Formal (S2) dan Pendidikan Khusus (S2).


UNP, katanya, juga membuka kelas khusus internasional berbahasa Inggris yang tersebar di 28 prodi.



"Kelas ini merupakan salah satu langkah UNP menuju world class university (WCU). Dan juga, saat ini 26 prodi di UNP sudah terakreditasi internasional," tutupnya. 


Terakhir Kepala Humas UNP, Oki Trinanda menambahkan bahwa semua prodi di UNP sudah banyak terakreditasi Internasional yaitu akreditasi A.


” Akreditasi Internasional itu berasal dari Jerman yakni ASIIN lalu dari Asean University Network, UN-QA dan AQAS. Lalu ada 28 Prodi yang termasuk kelas internasional, dimana dalam prodi ini diwajibkan berbahasa inggris dalam proses perkuliahannya. Mahasiswa nya juga berasal dari berbagai negara seperti dari negara Kamboja, Malaysia dan negara- negara Asia.” Ucap Oki.



Ia juga menyebut semua mahasiswa beepeluang dan diprioritaskan ikut program International Students Mobility Award (ISMA) yang mana tahun ini ada yang berangkat ke negara Cheko, Malaysia, Amerika dan Selandia Baru

#02

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS