Ticker

6/recent/ticker-posts

Dr Riki Saputra Kembali Dipercaya Menjadi Rektor UM Sumatera Barat, Energi Baru Buat UMSB

 


Dr Riki Saputra 


DR. Riki Saputra kembali dilantik menjadi rektor Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UMSB) periode kedua 2023-2027, Selasa (7/2/2023).


“Terimakasih karena diamanahkan menjadi rektor Universitas Muhammadiyah untuk periode kedua kalinya. Ini amanah berat yang harus dipikul bersama-sama dan melibatkan dukungan stakeholder eksternal dan internal,” ucapnya.


Ia menambahkan setidaknya ada lima garis besar target capaian di periode 2023 hingga 2027.


Pertama akselerasi akreditasi program studi dan perguruan tinggi.


“Sebagai lembaga pendidikan, bentuk pertanggungjawaban kita kepada masyarakat adalah akreditasi,” kata Riki yang ditemui usai acara pelantikan.


Dikatakannya, hari ini dari 28 prodi di UMSB, 90 persen diantaranya berpredikat B (Baik Sangat), namun belum ada yang unggul. Ke depan diharapkan setidaknya 35 persen berstatus unggul.


Kedua, sebagai lembaga Perguruan Tinggi Swasta kita akan mengalami fluktuatif dalam hal finansial maupun jumlah mahasiswa.


“Target kita bisa menjaga dan memaksimalkannya dan harus ada unit usaha sebagai income generating dalam rangka merawat, mengokohkan dan menstabilkan jalannya universitas ke depan,” ujarnya.


Ketiga, membumikan pendidikan 4.0. Dimana konektivitas pembelajaran dengan dunia digital wajib dilakukan.


Riki mengakui selama pandemi Covid-19 ini memaksa lembaga pendidikan dalam konteks positif yang selama ini tabu dengan IT, lebih melek digital. Kalau tidak ada covid hampir seluruh pts akan tidur panjang dan tidak melek digital.


Keempat, salah satu ciri khas ada nilai nilai islam dan muhammadiyah. Nilai-nilai itu harus terintegrasi dengan cara perhatian masyarakat maupun penelitian.


Kelima, tidak kalah pentingnya bgm mengelola manajemen perubahan internal. Makanya seluruh elemen hingga pejabat struktural dari hatinya bekerja dengan ikhlas, berkomitmen dan berdedikasi menjadi supertim.


“Di periode sebelumnya kami sudah menerapkan supertim. Sehingga mulai 2020 dan seterusnya kami dinobatkan berdasarkan tiga lembaga survei menjadi PTS terbaik di Sumbar, digabung PTN PTS UMSB nomor 4. Kita yakin kerja super tim tadi. Target kita bisa di nomor 3 lah,” ucapnya.


Kepemimpinannya di periode pertama, 65 persen banyak diinvestasikan pada infrastruktur dan penampilan atau estetika kampus dan 35 persen pengembangan SDM. Sedangkan di periode sekarang 65 persen akan dijadikan pengembangan SDM dan 35 persen untuk infrastuktur. Kemudian juga internasionalisasi program.


“Ada mahasiswa asing dari Yaman yang kuliah disini dan ada juga mahasiswa Amerika yang kuliah daring. Kita harap potensi ini bisa bertambah,” tuturnya.


Saat ini,kata Riki ada 5.300 jumlah mahasiswa UMSB. Harapannya bisa mencapai 8.000 minimal kedepannya.


Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma yang turut hadir berharap dibawah kepimpinan Rektor Riki Saputra yang kedua kalinya, UMSB lebih berkembang lagi.


“Semoga mampu menghasilkan kinerja dan mutu ke arah yang lebih baik,” katanya.


Ke depan perubahan yang cepat dari lingkungan, harus terus menerus diantisipasi dan di respon secara kreatif, kritis, inovatif, berintegritas dan berkedaulatan.


Ia yakin UMSB akan mampu membangun kekuatan untuk menjawab seluruh tantangan era disruption saat ini.


Ia berpesan jabatan seorang rektor bukan sekedar mengelola SDM dan civitas akademika saja, tetapi harus mampu membangun karakter civitas akademika yang peduli terhadap masa depan dan masyarakat.


“Kami berharap UMSB harus mampu melakukan inovasi dan menjadi kampus

yang senantiasa lebih baik dan semakin dipercaya masyarakat dan melakukan trabsformasi institusional,” ujarnya.


Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Bachtiar menambahkan segenap pimpinan wilayah sudah membangun sinergitas dan kolaborasi untuk memajukan muhammadiyah kedepannya.


“Mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Rektor kembali, harapan banyak pihak akan bisa kita wujudkan tentunya dengan dukungan LLDIKTI,” kata dia.


Ditempat yang sama, Kadis Pendidikan Sumbar, Barlius menyebut jajaran pimpinan Sumbar mendukung kemajuan UMSB.


“Universitas ini adalah kebanggan Sumbar. Kita akan dukung kemajuan UMSB,” ujarnya

Barlius mengapresiasi prestasi yang dibangun oleh rektor terpilih dimana diusia muda dan energik dengan wawasan cemerlang mampu bekerja dalam membangun UMSB.



Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS