Ticker

6/recent/ticker-posts

PPI Dunia Gelar Aksi Peduli Lingkungan dan Kesehatan

 

Kegiatan restorasi terumbu karang di Desa Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur.




foto: Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan di Desa Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur

 

JAWA TIMUR, -- Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) menggelar aksi pengabdian masyarakat bertajuk CREATION atau Coral Reef Restoration di Desa Gili Ketapang, Kabupaten Proboliggo, Jawa Timur, 15 Januari lalu.

 

Melibatkan sejumlah pihak. Diantaranya, Dinas Kesehatan Proboliggo, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Proboliggo, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Anwar Medika, serta CSR Bimasakti.

 

Adapun rangkaian kegiatannya yakni restorasi terumbu karang, pendistribusian air bersih, serta penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan untuk pencegahan stunting.

 

Restorasi terumbu karang dilakukan di pantai utara Desa Gili Ketapang. Kemudian penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan melibatkan sekira 150 warga setempat. Sementara itu, distribusi tandon air di sejumlah titik.

 

Desa Gili Ketapang Kabupaten Proboliggo dipilih menjadi wilayah intervensi sebab tingginya angka kerusakan terumbu karang dan angka stunting di wilayah tersebut.

 

"Karena itu, pelajar Indonesia memiliki tanggung jawab berperan aktif dalam upaya konservasi lingkungan dan peningkatan kesehatan masyarakat," jelas Miftakhul Jannatin, Direktur Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) PPI Dunia.

 

Ia menambahkan, aksi ini merupakan bentuk aktualisasi PPI Dunia untuk andil mendukung penurunan angka stunting di Indonesia. "Kegiatan dilingkup kesehatan adalah bentuk PPI Dunia turut mendukung misi pemerintah, yakni penekanan angka stunting hingga 14%," tambahnya.

 

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan Achmad Fitrianto, menerangkan aksi ini mendapat respon positif dari kalangan luas. "Alhamdulillah kegitan ini berjalan lancar dan mendapat respon positif dari berbagai pihak yang terlibat. Baik masyarakat, pemerintah, dan swasta," terang Antok, ketua pelaksana CREATION, 15 Januari kemarin.

 

Sebagai informasi tambahan, Direktorat Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) PPI Dunia akan terus memperluas jangkauan wilayah pengabdian. Rencananya, jika tak ada aral melintang, akhir Januari mendatang akan melalukan pengabdian di wilayah Wonosobo.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS