Ticker

6/recent/ticker-posts

Nuansa Pakaian Adat Nusantara Warnai HAB Kemenag ke-77 Kota Padang

 


Nuansa Pakaian Adat Nusantara Warnai HAB Kemenag ke-77 Kota Padang


Padang, Jurnalissumbar 


Nuansa pakaian adat Nusantara mewarnai upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) RI ke 77 tahun 2023 tingkat Kota Padang yang dipusatkan di lapangan Balai Kota, Selasa (03/01/2023).


Diikuti oleh seluruh ASN lingkup Kemenag Kota Padang, Kapolresta, Dandim, pimpinan OPD, pejabat Forkopimda, struktural dan fungsianal, upacara peringatan HAB ke-77 dipimpin oleh Walikota, Hendri Septa yang bertindak sebagai inspektur upacara.


Pakaian adat dari berbagai daerah yang dikenakan oleh para peserta upacara menambah suasana semarak namun kental dengan nuansa keberagaman. Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut berlangsung lancar dan  khidmat.


Dalam kesempatan itu, Walikota Hendri Septa membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI. Pada momen itu, Kemenag menggelorakan semangat transformasi layanan umat yang secara bertahap telah menampakkan hasil nyata.


“Kini, Kemenag telah terlihat berubah, birokrasinya lebih lincah dan responsif, transformasi digital mulai berjalan baik di pusat maupun daerah,” tutur Hendri Septa, mengutip pernyataan Menteri Agama RI.


Menteri Agama juga menyinggung tentang kerukunan dalam konteks penyelenggaraan pemilu 2024. Menurutnya, kerukunan yang sifatnya fluktuatif dan dinamis sering menjadi ujian, khususnya menjelang pemilu.


"Saya minta tidak ada ASN Kemenag yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kemenag harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan, dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat,” pesan Menag RI.


Disamping itu, Walikota Hendri Septa juga mengapresiasi kemenag Kota Padang yang telah menggelorakan semangat kebersamaan dan semangat kenusantaraan pada awal tahun 2023.


"Ini pertama kali kemenag kota Padang melakukan upacara bersama dengan pemko, untuk tahun depan, apapun acara kementrian agama akan selalu kita support dan kita dukung," ujarnya.


Hendri Septa berharap untuk kedepan  semua tetap menjaga stabilitas kurukunan umat beragama sebagaimana motto HAB ke-77 menjaga "Kerukunan umat untuk Indonesia hebat".


Sementara itu, Kakankemenag Kota Padang, Edy Oktafiandi melihat suasana rukun dan damai dari berbagai ragam agama di Kota Padang pada HAB kali ini. Menurutnya, sinergitas seluruh stake holder menjadi point penentu dari kesuksesan tersebut.


"Atas dukungan bapak kakanwil, upacara HAB ini terlaksana karena bersinerginya seluruh stake holder, pemerintah kota, ormas keaagamaan, FKUB, tokoh lintas agama yang bersatu padu dalam mengangkat acara HAB ini," katanya.


Pada peringatan HAB ke-77 kali ini, pemerintah pusat memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada ASN kemenag Kota Padang. Walikota Hendri Septa didampingi Kakankemenag Edy Oktafiandi menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada perwakilan ASN terpilih. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS