Ticker

6/recent/ticker-posts

Datuk Irwan Basir Hadiri Acara Silaturahmi Nagari XX Kampung Baru

 



Padang - Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM mengatakan manusia sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat yang berarti punya ketergantungan satu sama lainnya. Untuk itu kehidupan mereka perlu ada aturan atau ada yang mengatur agar tidak.merugikan satu sama lainnya. Dalam kehidupan bersuku, berkaum ada aturan yang mengaturnya yang dikenal dengan hukum adat. Dan ini adalah perannya ninik mamak, penghulu sebagai orang yang ditinggikan seranting dan didahulukan selangkah. Secara kepemerintahan ada peraturan atau undang-undang yang mengaturnya. Dan ini adalah tugasnya pemerintah untuk melaksanakannya, termasuk di dalamnya RT/RW sebagai pemerintahan paling bawah yang berhubungan langsung dengan masyarakat.


Demikian dikatakan oleh Ketua DPD LPM Kota Padang dalam sambutannya pada acara Silaturahmi Ninik Mamak pemangku Adat dengan Masyarakat dan Pemuda di Kelurahan Kampung Baru Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang pada Minggu malam, 1/1/2023.


Selanjutnya, Irwan Basir yang juga ninik mamak suku Jambak Nan Batujuah Nagari Pauh IX ini juga mengatakan jika ninik mamak dalam suatu nagari berkolaborasi atau bersatu dengan anak kamanakan, masyarakatnya, pemudanya serta Bundo Kanduangnya dalam menjaga dan memajukan daerahnya, maka sejahtera lah nagari tersebut.


"Saya yakin, jika elemen yang ada ini, ninik mamak, pemuda, para bundo kanduang dan seluruh masyarakat, bersatu dan berkolaborasi dalam menjaga dan membangun daerahnya, saciok bak ayam, sadanciang bak basi, maka akan sejahtera lah nagari atau daerah tersebut," ujar Ketua MPA KAN Pauh IX ini.


Irwan Basir sangat memuji kebersamaan para ninik mamak Nagari Nan XX dengan anak kemenakannya dengan berkenan hadir di acara ini. Acara yang diadakan di awal tahun 2023 masyarakat Kelurahan Kampung Baru dalam rangka Silaturahmi Ninik Mamak dengan seluruh anak kemanakan dan masyarakat Kelurahan Kampung Baru. Ini menandakan kalau para ninik mamak ini telah menjalankan fungsinya sebagai orang yang mengayomi dan memperhatikan kehidupan anak kemenakan.


"Saya sangat mengapresi acara Silaturahmi pada malam ini. Hadir para ninik ninik mamak Datuk dari empat suku yang ada di Nagari Nan XX. Datuk Malano dari Suku Chaniago, Datuk dari suku Tanjung, Suku Malayu dan Datuk dari suku Jambak. Ini menandakan kalau para Angku Datuk ini begitu mencintai anak kemenakan mereka. Hadirnya beliau di sini adalah buktinya." ucap tokoh yang juga Ketua Dekopinda Kota Padang ini.


Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Kota Padang Daswandi Bajadi yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan dirinya sangat berterima kasih sekali diundang di acara Silaturahmi ini sehingga dapat berkenalan dengan para pemuka Adat di nagari Nan XX serta seluruh masyarakat Kampung Baru.


"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh ninik mamak yang hadir di sini dan seluruh masyarakat Kampung Baru atas undangannya untuk hadir di sini. Saya juga sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat Kampung Baru. Jika para ninik mamak dan anak kemenakannya telah seiring sejalan dalam membangun kampungnya, In Syaa Allah Kampung Baru ini akan lebih maju ke depannya," ungkap tokoh yang dikenal dengan nama Andi Bajadi ini.


Hadir pada acara tersebut, Lurah Kelurahan Kampung Baru, Mantan Lurah Kelurahan Kampung Baru, Ketua LPM Kelurahan Kampung Baru, ninik mamak dari empat suku dari Nagari Nan XX, Ketua Pemuda Kampung Baru dan segenap masyarakat Kampung Baru.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS