Ticker

6/recent/ticker-posts

MAN 2 Kota Padang Gelar Uji Kompetensi Literasi Keagamaan 2023

 


Padang, Jurnalissumbar


MAN 2 Kota Padang mulai menggelar Ujian Kompetensi Keagamaan (UKK) bagi siswa kelas XII, Senin (09/01/2023). UKK digelar dalam rangka melihat kemampuan siswa pada bidang Literasi Keagamaan.


"Program UKK adalah program unggulan yang bertujuan mempersiapkan siswa agar mempunyai kemampuan keagamaan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun dilingkungan," kata Akhri Meinhardi saat membuka UKK di hall madrasah.


Menurutnya, masing-masing siswa kelas XII berkewajiban mengikuti UKK. Bagi yang tidak tuntas, maka siswa tersebut harus melakukan pengulangan ujian.


"Ketuntasan ananda dalam ujian akan di keluarkan dalam bentuk sertifikat dan akan ada remedial bagi siswa yang tidak tuntas," lanjut Akhri Meinhardi.


Dia meminta siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian UKK. Baginya, UKK itu sendiri merupakan bentuk keseriusan madrasah dalam rangka mempersiapkan siswa untuk siap terjun ditengah masyarakat.


"UKK ini tidak main main, ananda fokus selama seminggu ini dan tidak belajar, persiapkan diri hanya untuk praktek saja, saat teman tampil, persiapkan diri untuk ujian yang lain," pungkasnya.


Sementara itu, koordinator UKK, Mihrar mengatakan bahwa UKK dilakukan secara serentak bagi ratusan siswa kelas XII. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok sesuai jadwal UKK.


"Sesuai jadwal, ada lokal yang pada hari itu penyelenggaraan jenazah saja, besoknya khotbah, pidato atau tahfiz," kata Mihrar.


UKK ini merupakan rangkaian kegiatan literasi keagamaan bagi kelas XII. Kegiatan akan dilaksanakan 09-14 Januari 2023, yang meliputi, UKK penyelenggaraan jenazah, pidato/khutbah dan ujian komprehensif Tahfidzul Qur'an. Selain itu, juga ada karya tulis ilmiah. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS