Ticker

6/recent/ticker-posts

Berbasis kearifan Lokal, Lisda Hendrajoni kembangkan potensi pariwisata Lansano di Pessel


Lisda Hendrajoni kembangkan potensi pariwisata Lansano di Pessel


Sektor pariwisata merupakan salah satu kontributor esensial dalam penerimaan devisa negara Serta mampu menjadi pemantik perekonomian nasional melalui peningkatan produktivitas nasional. Tingginya serapan tenaga kerja, serta pemerataan pendapatan masyarakat dengan barbagai peran penting tersebut, industri pariwisata menjadi salah satu fokus pemulihan Pemerintah pasca pandemi melalui berbagai kebijakan yang berskala lokal hingga nasional.


.

 


“Memasuki tahun 2023 kunjungan wisata ke Sumatera Barat, sejumlah agenda wisata di Sumbar mulai digencarkan. Selain kegiatan pariwisata pada destinasi utama, kegiatan pariwisata lokal yang berbasis masyarakat juga turut diramaikan untuk mencapai target kunjungan wisata di tahun ini.


” Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, memberikan apresiasi kepada salah satu sektor pariwisata yang kini tengah dikembangkan sejumlah pemuda Nagari Lansano Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan membuka kegiatan memanfaatkan kreatifitas dan potensi di Nagari, para pemuda mengegelar Festival pariwisata Lansano 2023.



Lisda Hendrajoni sangat mengapresiasi kegiatan pemuda Lansano Taratak, yang telah berinovasi dan turut serta dalam promosi pariwisata Daerah yang terkenal dijuluki Negeri Sejuta Pesona tersebut. kegiatan yang dilaksanakan generasi muda Nagari Lansano Taratak ini, merupakan motivasi generasi penerus Bangsa.



Dalam kegiatan yang berdampak positif seperti promosi Daerah yang bertajuk Festival Lansano ini”, Kata Lisda



“Pesatnya pertumbuhan ekonomi turut menciptakan peluang bagi bisnis kebugaran, semua segmen industri perjalanan dan bisnis-bisnis lainnya di dalam negeri”, Ungkap Anggota Fraksi Nasdem itu disela-sela kata sambutannya dilokasi acara tersebut.


Lisda Hendrajoni menambahkan, pengembangan dilakukan Pemerintah dengan berbasis pada kearifan lokal mencakup pengembangan herbal drink, aromaterapi, dan makanan sehat dengan mengoptimalkan penggunaan bahan baku lokal. Dengan pemanfaatan bahan baku lokal tersebut diharapkan mampu mendorong pengembangan serta inovasi obat-obatan herbal dan makanan sehat lokal sehingga berdampak pula pada pembangunan ketahanan sistem kesehatan yang berkelanjutan”, Ujar Lisda.



 


Saya sangat mendukung upaya pengembangan pariwisata Lansano yang kini tengah berkembang berbasis kekayaan lokal yang saat ini sedang dilakukan pengembangan Oleh pemuda Nagari Lansano Taratak khususnya, pemudanya sangat bersemangat dalam meningkatkan potensi pariwisata, semoga hal ini menjadi motivasi yang akan terus berkembang dikalangan pemuda generasi Bangsa ini”, Ucapnya Lisda Hendrajoni Srikandi Nasdem itu.


 


“Lebih lanjutnya, kata Lisda Hendrajoni, kegiatan positif seperti ini tentu juga harus mendapatkan dukungan dari masyarakat dan para tokoh, sehingga generasi muda kita merasa terlindungi serta tetap terpantau dalam kegiatan nya. Kegiatan pemuda Lansano Taratak dan ide-ide kreatif seperti ini semoga menjadi motivasi di kalangan generasi muda lainnya khususnya di Pesisir Selatan”, Lisda Hendrajoni menuturkan dalam kata sambutannya sekaligus membuka secara resmi Festival Lansano.



“Dengan berlangsungnya kegiatan Festival Lansano tersebut, yang turut dihadiri Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Lisda Hendrajoni, salah seorang pemuda Nagari Lansano Taratak (Fando Dafis) yang menjadi penggerak kegiatan Festival Lansano menyebutkan, kegiatan ini diharapkan dapat mengajak para generasi muda ke arah yang lebih positif ditengah banyaknya pengaruh buruk pada era digitalisasi pada saat ini.


Selain itu, tentunya diharapkan kegiatan Festival Lansano dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar, sekaligus meramaikan Kampuang yang berada di Nagari Lansano Taratak.


 


Ibarat pepatah mengatakan, nan tuo tampek batanyo Jo baiyo, majunyo Kampuang di nan mudo-mudo paga parik dalam kampuang Yo Nagari, Artinya untuk melestarikan kebudayaan sekaligus meramaikan nagari merupakan salah satu tugas bagi para generasi muda, dengan kreativitas dan ide yang dimilikinya”, Pungkasnya.



Dengan berlangsung nya kegiatan pembukaan Festival Lansano juga ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni.



“Kami anak pemuda Nagari mengucapkan terima kasih kepada Bunda Lisda untuk menghadiri sekaligus membuka kegiatan ini, mudah-mudahan ini menjadi sebuah cambuk semangat bagi kami generasi muda Pesisir Selatan, khususnya anak muda Nagari Lansano Taratak”, sambung Fando.


 


Kegiatan Festival Lansano diagendakan berlangsung hingga 22 Januari 2023. Pada Festival tersebut diadakan berbagai perlombaan seperti lomba lagu Minang hingga perlombaan lato-lato bagi anak-anak”, tutupnya.


Reporter: Efrizal

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS