Ticker

6/recent/ticker-posts



Universitas negeri Padang pada pelaksanaan Wisuda ke 129 tahun 2022, mengukuhkan 1984 orang lulusan Sarjana Kependidikan dan non kependidikan yang dilaksanakan dalam tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 Desember 2022. 


Pada periode Wisuda Desember ini, UNP Padang seperti biasa digelar secara luring dan daring.wisuda kali ini menghadirkan Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), dr. Putu Moda Arsana, sp.PD-KEMD., yang memberikan orasi ilmiah.




Rektor Prof Ganefri pada pidato wisuda kali ini berjudul “Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi dalam Kompetisi Kerja pada Abad ke-21”.


Perubahan masif di tatanan masyarakat dengan perkembangan teknologi telah menghadirkan transformasi penting di sistem pendidikan saat Ini. Berbagai lembaga pendidikan besar saat Ini terus melakukan penyesuaian pendekatan pembelajaran sehingga dapat mengakomodasi perubahan teknologi, sosial dan seni.



Transformasi pendidikan tinggi guna menghasilkan lulusan berdaya saing global, sesuai perkembangan teknologi dan peradaban yang merupakan manifestasi dari kebutuhan dunia kerja. Dunia pendidikan harus fokus pada peningkatan kemampuan dan keterampilan lulusan Abad 21.



Dimana bertitik tolak pada peningkatan literasi, kreatifitas dan inovasi. Menghasilkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, metakognisi, komunikasi dan Kalaborasi.


“Kebutuhan keterampilan lulusan ini tentunya merupakan tantangan bagi institusi pendidikan tinggi,” terang Prof Ganefri.



Pada tahun 2023 target kedepan UNP akan membuka sebanyak 13 Program Studi (Prodi) bagi mahasiswa baru, sementara yang sudah di sahkan sebanyak 9 Prodi.


“Kesembilan Prodi baru tersebut ada di lima Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, diantaranya: S1 Ilmu Hukum dan S1 Ilmu Komunikasi (FIS), S1 Teknik Geologi (FT), S1 Pariwisata (FPP), S2 Pendidikan Khusus, S2 Pendidikan Non Formal, dan S3 Pendidikan Dasar (FIP), PPG IPS dan PPG Teknik Perminyakan (Sekolah Pascasarjana)”.



Sementara Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), dr. Putu Moda Arsana, sp.PD-KEMD., mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan program program dari pemerintah, untuk itu sangat bersyukur UNP telah membuka Fakultas Kedokteran, sehingganya lulusan UNP nantinya bisa berkalaborasi dengan KKI.


“Kami sangat menyambut baik dengan adanya Fakultas Kedokteran di UNP, dan kita akan berkolaborasi dalam penyaluran lulusan, dimana kita tahu saat ini Indonesia masih membutuhkan pada tenaga kesehatan,” ujarnya usai kegiatan wisuda. (**)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS