Ticker

6/recent/ticker-posts

Silek harimau sawah dangka jorong lll kampuang gaduik

 


Oleh: RESI SUSANTI

Mahasiswi universitas andalas jurusan sastra minangkabau

 

 Silek adalah salah satu seni beladiri adat minangkabau sumatera barat. Silek biasanya dipelajari di surau masjid. Kebanyakan yang mempelajari silek itu laki-laki. Namun pada zaman sekarang silek juga dipelajari oleh kaum perempuan yang di wariskan secara turun temurun.

Aliran-aliran silek di Minangkabau

Silek Tuo ,silek harimau.Silek Kumango Silek , Silek Lintau ,Silek Sitaralak Silek Pauah , Silek Luncua  Silek Baruah Silek Ulu Ambek 


  Silek harimau merupakan aliran silek yang memiliki gerakan dengan filosofi harimau,di dalam silek harimau ini gerakannya sangat gelit dan begitu indah, namun dibalik itu serangan pada silek ini sangat mematikan dan di terapkan untuk melumpuhkan mesuh dengan cepat.

 Aliran silek harimau  ini banyak berkembang di daerah  Minangkabau,  Malaysia,  Singapura, Mesir, dan daerah lainnya. 


  Latihan yang dilakuan oleh para pesilat harimau pun cukup berbeda dengan silat-silat lainnya. Biasanya para pesilat akan berlatih pernafasan atau menegaskan gerakan kuda-kuda stabil dan kokoh. Latihan ini pun memerlukan waktu yang cukup lama untuk benar-benar menguasainya, karena memerlukan waktu sekitar 3-12 bulan tergantung dari jenis latihan dan seperti apa pesilat dalam menguasai jurus. Walaupun sulit, Silat Harimau termasuk kebudayaan daerah Sumatera yang harus terus dilestarikan.


  Senjata khas pada silek ini yaitu pisau genggam kecil berbentuk melengkung seperti cakar harimau. Dunia barat menyebutnnya Karambit dan di Minang disebut Kerambit/Karambiak. Senjata ini termasuk berbahaya karena dapat digunakan menyayat maupun merobek anggota tubuh lawan secara cepat dan tidak terdeteksi. Karambit sengaja dirancang lebih melengkung seperti kuku harimau, setelah melihat harimau bertarung dengan menggunakan cakarnya, hal ini sejalan dengan falsafah minangkabau yang berbunyi alam takambang jadi guru. Senjata Karambit ini biasa digunakan dalam Silat Harimau karena melambangkan cakar dan ada juga yang mengunakan pisau yang melambangkan taring dari harimau


 Teknik silet harimau menggunakan tangan

Tusukan dua jari - target serangannya mata.

Cekik - target serangannya leher.

Tepis - membelokkan serangan lawan dengan tangan sehingga tidak mengenai tubuh.

Sikuan - teknik menggunakan siku.

Renggut - merenggut tangan, kaki, atau kepala lawan.

Dorong - mendorong tubuh lawan.

Sambutan - menyambut serangan lawan, diiringi dengan mematahkan anggota tubuh lawan.

Sodokan - target serangannya ulu hati lawan.

Daga - menyerang rahang lawan.

Pilin - memilin tangan, kaki, atau kepala lawan.

Patahan - teknik mematahkan jari, tangan dan kaki lawan.

Tamparan - menggunakan dua tangan untuk menampar.



Teknik silet harimau menggunakan kaki.

Injak - menginjak lawan.

Tendangan belakang - tendangan berbentuk huruf T.

Sapuan - digunakan untuk menyapu kaki lawan.



 

 

ada awal sejarahnya, silat harimau hanya diajarkan pada saat peperangan saja dan hanya dipakai oleh para pengawal kerajaan. Silat harimau pertama kali tercipta di daerah Pariangan, pada tahun 1119 oleh Datuk Suri Dirajo. Ketika itu, Datuk Suri Diarjo melatih para pasukan kerajaan dengan berbagai gaya silat yang berbeda-beda, karena pada zaman dahulu, para pasukan silat sering menghadapi pertempuran satu lawan satu, satu lawan tiga, atau satu lawan empat. Kunci utama para pesilat untuk memenangkan pertempuran tersebut adalah dengan mengalahkan langsung musuh secepat mungkin

 

Menurut bapak  tommy seorang pendamping silek harimau tigo kampuang gaduik, kecematan tilatang kamang kabuten agam, bahwasanya silek ini sudah sejak lama mulai berkembang di kabupaten agam khususnya di tigo kampuang gaduik ini.

 

 Silek harimau di tigo kampuang gaduik ini didirikan oleh bapak Edwel Yusri Dt.Rajo Gampo Alam, dengan pelatih Tommy Pandiko Sutan.

 Untuk bergabung dalam silek ini kita harus memenuhi syarat berupa:

1.beras

2. ayam

3.uang

4.limau kuku harimau

5.siriah langkok

6. pisau

7.kain kapan sakabuang

  

Gerakan silat harimau tergolong pada gerakan harimau campa yang merupakanhasilperpaduan dengan pendatang asal Champa dengan ciri khas gaya bertempurnya close combat, dimana saat pertempuran, para pesilat langsung diposisi barisan depan. Gaya inilah yang kedepannya akan menjadi cikal bakal berdirinya Silek Harimau yang diajarkan oleh Edwel Yusri Datuak Rajo Gampo Alam


Silek ini memiliki +-15 kuncian dasar. Fungsi dari jurus/gerakan yaitu untuk melumpuhkan lawan dengan secepat mungkin dan beruntun.

  pada gerakan “langkah ampek” itu memiliki nilai filosofi  yaitu kita dituntun untuk sabar dalam menyikapi suatu hal atau permasalahan, namun jika sudah melewati batas wajar maka kita harus mengambil sikap tegas.

Masyarakat sekitarpun sangat mendukung perguruan silek ini, upaya yang di lakukan untuk melestarikan silek ini salah satunya dengan memposting se mua kegiatan di social media.

 

  Sekian artikel tentang silek harimau di Sawah Dangka Jorong lll Kampuang Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS