Ticker

6/recent/ticker-posts

Perdana di Sumbar. Kanwil Kemenag Sumbar Terapkan Aplikasi “SRIKANDI”



Perdana di Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar melibatkan pranata komputer dan Arsiparis dalam menerapkan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi.



Hal tersebut dimulai dengan Konfigurasi Aplikasi SRIKANDI secara virtual pada hari Senin, (26/12). Dibuka Kakanwil, dalam hal ini diwakili Kabag TU H Miswan kegiatan diikuti oleh 48 peserta. Terdiri dari 19 satker Pengelola Akun Srikandi se-Sumbar. Seremoni virtual ini turut dihadiri 10 orang pejabat administrator di unit Kanwil Kemenag Sumbar dan 19 Kakankemenag Kabupaten/Kota.



Dalam arahan, Miswan menyampaikan sambutan Kakanwil bahwa Kanwil Kemenag Sumbar menyambut baik terselenggarannya kegiatan Konfigurasi Aplikasi SRIKANDI tersebut. Dengan penerapan aplikasi diharapkan proses administrasi tidak akan terbatas oleh jarak dan waktu.


“Kegiatan ini merupakan implementasi atas KMA (Keputusan Menteri Agama) nomor 788 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Kemenag, KMA nomor 848 Tahun 2022 dan SE Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor 31 Tahun 2022 tentang penggunaan Aplikasi SRIKANDI Pada Kementerian Agama, Peraturan Menteri Agama nomor 6 Tahun 2022 Kemenag RI, “jelasnya.



Melalui kegiatan konfigurasi aplikasi tersebut, Miswan mengharapkan dapat memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada seluruh peserta. Khususnya dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bidang kearsipan yang telah ditetapkan dengan revolusi teknologi informasi dan komunikasi.



“Sehingga kedepannya dapat memberikan peluang bagi Kanwil Kemenag Sumbar untuk melakukan inovasi pembangunan Aparatur Negara melalui penerapan SPBE atau E-Government.” Katanya.


SRIKANDI yang diluncurkan pemerintah merupakan program SPBE nasional yang bekerja sama dengan ANRI, Menpan RB, Kominfo, BsRE BSSN sebagai aplikasi umum bidang kearsipan dinamis, sambung Miswan.

“Alhamdulillah di Sumatera Barat, Kanwil Kemenag Sumbar tercatat sebagai lembaga yang perdana mendaftarkan Akun SRIKANDI ini, tentu saja patut kita syukuri,” ungkapnya.



Pihaknya sangat mengapresiasi kinerja dan inisiasi pejabat fungsional Kanwil Kemenag Sumbar dibawah komando dan binaan Kakanwil Helmi. Dipelopori pranata Komputer Vina Jamila Kinta, Jumanuddin dan Gopi Bermana dalam aspek digital. Serta dukungan sejumlah Arsiparis Vivi Ardi, Fauziah, Mona dan M Rizki dalam hal tata persuratan dan kearsipan.


Terakhir Miswan mengajak peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh untuk kemudian mampu mensosialisasikan di unit kerja atau pun satker masing-masing.


Sementara itu, admin Srikandi Kanwil Kemenag Sumbar Vina Jamila Kinta menjelaskan bahwa kehadiran mereka tak lain, untuk berkontribusi meningkatkan efesiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintah khususnya dibidang kearsipan di Kanwil Kemenag Sumbar.


Berangkat dari surat edaran Sekjen Nomor 31 Tahun 2022 mengenai penggunaan aplikasi Srikandi yang bersifat biasa, Vina menjabarkan sedikitnya ada lima ruang lingkup besar aplikasi Srikandi.



Diantaranya, naskah dinas arahan berupa surat turunan dan surat biasa, naskah dinas korespondensi internal berupa nota dinas, naskah dinas korespondensi eksternal berupa surat dinas, naskah dinas khusus berupa surat pengantar dan surat keterangan dan surat undangan.


“Saat ini kearsipan dan digitalisasi tidak terpisahkan lagi, kita sudah tidak bisa lagi menghindar dengan adanya SPBE saat ini. Seperti surat-surat nantinya melalui aplikasi ini akan bisa diatur apa dimusnahkan atau status dipertahankan,” terang pranata komputer Bidang Penaiszawa tersebut.


Vina Jamila menekankan bahwa penggunaan Aplikasi Srikandi tersebut sudah menjadi keharusan sehingga pengarsipan yang selama ini dilakukan secara manual menjadi digital. Ia menuturkan rasa syukurnya atas ikhtiar yang telah dilakukan jauh-jauh hari dalam menyukseskan program prioritas trasnformasi digital Kemenag RI selama ini. Pihaknya mengakui perjuangan untuk mendaftarkan 19 satker Kabupaten/Kota dalam TTE akhirnya berbuah manis. Hal itu pula yang memicu semangatnya untuk melakukan percepatan dalam penerapan Srikandi.



“Karena srikandi juga sudah terintegrasi dengan BsRE BSSN. Jadi output dari Srikandi otomatis dengan menggunakan TTE. Jadi dengan telah dilaunchingnya TTE 20 satker di lingkup Kemenag Sumbar, itulah yang menjadi kekuatan kita menerapkan aplikasi Srikandi itu sendiri. Terlebih lagi sejak diterbitkan SE Sekjen nomor 31 Tahun 2022 tanggal 4 November, kita gerak cepat menindaklanjuti hal ini,” terangnya.


Namun demikian, disamping adanya kemudahan, efisiensi dan efektivitas waktu dalam implementasi aplikasi Srikandi ini, Vina Jamila tak menampik adanya kelemahan atau tantangan kedepan.



“Tentunya ada kendala dan tantangan sendiri bagi seluruh satker, misalnya bagi yang jauh dari pusat kota bisa terkendala secara infrastruktur.” Katanya.


Meskipun demikian, pihaknya berharap seluruh stakeholder dan satker mau bersama-sama mewujudkan kualitas administrasi layanan persuratan dan pengarsipan di Lingkam Kanwil Kemenag Sumbar.


Ia menambahkan aplikasi srikandi ini dibuat atas kerjasama 4 lembaga/kementrian yakni dari Kementrian Kominfo untuk membangun infrastruktur TIK. ANRI sebagai penyusun proses kearsipannya, Kemenpan RB sebagai penyusun regulasi serta BSSN sebagai pengamanan aplikasi.



Hal itu dibenarkan oleh Pranata Komputer Muda Bidang Pendidikan Madrasah Jumanuddin, bahwa aplikasi Srikandi hadir untuk memberikan kemudahan, ketertiban, kepastian dan efektivitas atas penyelenggaraan system’ Informasi kearsipan dinamis terintegrasi.


Diakuinya, selepas kegiatan Konfigurasi Aplikasi Srikandi hari ini, lusa akan ditindaklanjuti dengan Bimtek Verifikator pada unit Kerja Kanwil Kemenag Sumbar yang terdiri dari pejabat administrator, pendamping dan Arsiparis, pada tanggal 28 Desember mendatang.


Selanjutnya untuk angkatan III yang akan digelar pada 29 Desember 2022 mendatang beragendakan tentang pembinaan ASN dan Bimtek Akun Tata Usaha pada Kankemenag Kabupaten/Kota yang terdiri dari Kasubbag TU dan Admin TU Srikandi.


“Untuk angkatan II dan III direncanakan akan dilakukan secara tatap muka di Aula FKUB Kanwil Kemenag Sumbar.” Ucapnya.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan dasar/acuan bagi perangkat atau pengguna akun Srikandi di lingkup Kemenag Kabupaten/Kota

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS