Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengukuhan Kepengurusan (DPD dan DPC) IHSA Sumbar Priode 2022 -- 2027


 Pengukuhan Kepengurusan (DPD dan DPC) IHSA Sumbar Priode 2022 -- 2027


Padang, - Jurnalis Sumbar

Indonesia Home Stay Association(IHSA) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan pengurus DPD dan DPC masa bakti 2022 -- 2027  di Gedung Youth Center Exibilition  jln. Bgd Aziz Chan Padang, Rabu  (14/12/2022) 


Perhimpunan Home Stay Sumatera Barat(PHSB) yang telah tergabung dengan IHSA daerah Sumbar ada sekitar 50 orang pengurus yang dilantik dan dikukuhkan  dengan Ketua Umum DPP, Alvy Pongoh SE, MM di Gedung Youth Center Exibilition Padang.


Ketua DPD IHSA provinsi Sumatera Barat, Kamsri Benti, menjawab pertanyaan beberapa wartawan, IHSA di Sumbar ada terbagi 4 korwil yaitu, Korwil I membidangi 5 kabupaten/kota, korwil II, membidangi 6 kabupaten/kota, Korwil III yaitu 4 daerah. Dan Korwil IV yaitu ada 4 daerah.


Tujuan terbentuknya IHSA untuk mengembangkan sayap promosi bisa memberikan peningkatan SDM dalam bidang kepariwisataan bagi kementerian melalui IHSA. IHSA merupakan salah satu lembaga kementerian  kepariwisataan dan  terbentuk di Sumbar 14 Oktober 2019, dengan  dideklarasikan didaerah Sawah Lunto,untuk periode 2022-2027,"ucap Kamsri Benti.


Dengan adanya ISHA berharap bisa memberikan semacam event-event untuk meningkat kunjungan wisata ke Sumbar, supaya event tingkat nasional bisa dilaksanakan di Sumbar untuk mendapatkan kunjungan pariwisata dan bisa menggaungkan Sumbar didunia Internasional.


Program yang dilaksanakan berupa peningkatan kualitas SDM, baik dari Hospitality, fasilitas dan kemudian penguatan kelembagaan dan juga bisa berbagi tamu, dengan kata lain buat apa mengejar kwantitas dengan tanpa kwalitas yang baik, walupun kwantitas sedikit  tetapi kwalitas bisa untuk bersaing didunia global.,"ungkap Buk Ben.


Sementara Ketua Umum DPP IHSA, Alfi Pongoh,SE,MM  menambahkan, PHSB untuk bergabung menjadi IHSA Sumbar karena merupakan organisasi tingkat  nasional di bidang kepariwisataan, IHSA  di deklarasikan secara nasional, 24 Maret 2022, mendapatkan pengesahan dari Menkumham 3 Agustus 2022," ulas Alvy. 


Dengan terbentuknya DPD-DPD IHSA di Sumbar diharapkan bisa lebih berfungsi untuk mengakomodir kepentingan para pelaku usaha Home Stay yang belum memahami perizinan perusahaan terkait dengan pengelolaan dan pemasaran Home Stay.


Untuk wisatawan Nusantara  dan mancanegara dapat menyesuaikan dengan proses untuk check in dan check out di Home Stay akan berbeda dengan Hotel, bisa tinggal bersama dengan keluarga yang ada dirumah dan bisa masak-masak bersama tuan rumah, sedangkan dihotel hanya bisa sebagai tempat tinggal atau tempat istirahat,"papar Alvy. 


Pemerintah pusat saat ini menggerakkan yang namanya desa wisata dan kampung wisata. Program desa wisata didukung penuh dari Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif, bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, Jadi ekonomi masyarakat desa itu berputar uangnya,"pungkas Alfi mengakhiri. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS