Ticker

6/recent/ticker-posts

Harga Tanah Dibeli PIP Naik 27 Kali Lipat Tarif Sekarang



Ini Penjelasan Irfan Jasri Direktur PIP


Padang, 

Ayo, siapa berminat melirik peluang membangun sumbu ekonomi diatas lahan seluas 214 hektar, sedangkan terpakai untuk beragam jenis bangunan pabrik sekira 30 hektar di Padang Indrial Park (PIP). 


Harga tanah dibeli PIP naik 27 kali lipat Tarif sekarang. 

Ini penjelasan Irfan Jasri Direktur PIP. 



Hal ini dikatakan Direktur PIP Irfan Jasri ketika awak media ini bertandang ke kantornya, Senin 5 Desember 2022.


Menurut Irfan Jasri, pula-tapi perluasan dari yang telah ada berupa pabrik, belum lama ini masih ada penambahan kapasitas bangunan. 


Dari 30 hektar areal yang telah terpakai untuk beberapa pabrik, terdapat 7 jenis pabrik pengolahan kayu, sawit, pakan ternak ( 2 pabrik besar), elpiji, pembotolan serta jenis bangunan pabrik lainnya. 


"Sampai sekarang gambaran investasi yang telah ditanamkan bagi pemodal dalam dan luar negeri mencapai setara dengan 0, 5 triliun rupiah," imbuhnya. 


Dari 7 pabrik ini beli tanah pada PIP (sediakan lahan dan infrastruktur pendukung seperti air, listrik, drainase, serta pihak perusahaan PIP ikut membantu keluarnya perizinan atas biaya si pembeli tanah). 


Lahan PIP dibangun tahun 1995 Penanaman Modal Asing (PMA)-Malaysia, kawasan PIP terletak di Kabupaten Padang Pariaman. 


Namun, kapan terakhir lahan PIP dilirik Sumitomo/PMA asal Jepang, rencana perusahaan PMA skala ini mengolah cangkang sawit dibikin menjadi bahan bakar energi terbarukan. 


"Tapi, gagal masuk," tanpa Irfan Jasri mengatakan apa kendalanya. 


PIP yang berjarak 23 kilometer dari Pelabuhan Laut Teluk Bayur, dan 4 kilometer jarak dari Lapangan Terbang Bandara Internasional Minangkabau (BIM). 


Mau tau berapa harga jual sekarang tanah di PIP mencapai 335 ribu rupiah permeter atau setara 3, 35 miliar rupiah perhektarnya. 


Ala,... mak,... sedangkan dulu (tahun 1995) PIP membeli tanah status vorvanding ini setara 10 ribu rupiah permeter, artinya selama 27 tahun harga tanah yang telah dibeli PIP meningkat sekira 27 kali lipat. 


Karenanya, dulu harga 1 hektar tanah dibeli PIP (tahun 1995) itu setara 1 miliar rupiah perhektar, lho.(Obral Caniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS