Ticker

6/recent/ticker-posts

Dinas Kesehatan Kota Padang Pertemuan Evaluasi Untuk Capaian Imunisasi Rutin.


 Dinas Kesehatan Kota Padang 

Padang, - Jurnalis Sumbar

Dinas kesehatan(Dinkes) kota Padang melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional(BIAN)2022 imunisasi ini diperuntukan anak usia 0 tahun hingga 15 tahun yang diselenggarakan selama 3 hari(30 November - 02 Desember 2022) dihotel ZHM Premiere. 


Kepala dinas kesehatan provinsi Sumatera Barat, dr. Lila Yanwar, MARS, mengatakan kepada awak media target kita harus mampu mencapai 80 persen dari target sasaran anak yang akan di imunisasi, salah satu yang menjadi sasaran adalah kejar, yakni melengkapi imunisasi yang belum lengkap,"ucap Lila Yanwar.


Dalam pencapaian target untuk  imunisasi rutin harus mempunyai strategi khusus mungkin dalam edukasi menggunakan media yang lebih baik.  Cakupan sementara untuk kabupaten/kota, sebenarnya untuk kota Padang sudah baik dan mendekati target yang kita harapkan," tutur Lila.


Salah satu nya yang menjadi sasaran adalah kejar, yakni melengkapi imunisasi yang belum lengkap seperti, Campak, Rubella, Difteri, Hepatitis dan Pertusis untuk anak yang berusia dari 0 tahun hingga 15 tahun. 


Pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) itu sasaran nya luas sampai anak berusia 15 tahun sesuai dengan skedulnya saja, tetapi tidak semuanya diboster dan  juga ada yang diboster, ketika anak duduk dikelas 2 sampai kelas 5 SD mereka diboster. Kemudian yang terakhir ada Campak dan Rubella itu untuk anak SMP dan SMA.


Itu dilakukan karena masalahnya anak-anak tersebut tidak ikut imunisasi waktu kecil makanya sekarang menjadi sasaran. Jadi banyak anak-anak yang belum di imunisasi, karena penyakit-penyakit tadinya dapat dicegah dengan imunisasi kemudian bermunculan kembali berarti kuman nya ada dimana-mana.


Lebih lanjut Lila menjelaskan artinya kuman tersebut masih ada ditubuhnya cuma tidak aktif dan tidak menular karena  tidak ada tempat dan anak-anak di imunisasi semuanya, satu anak saja yang kena bisa menjadi sumber kuman untuk anak-anak yang lainya hal itu dapat dicegah dengan meningkatkan cakupan imunisasi terhadap anak-anak."tutup Lila Yanwar. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS