Ticker

6/recent/ticker-posts

Pameran Bersama 2022. Dinas Kebudayaan Prop. Sumatera Barat dan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Di Taman Budaya Padang


Padang-jurnalissumbar 

Museum Adityawarman sebagai unit pelayanan teknis Dinas Kebudayaan Prov. Sumatera Barat menampilkan berbagai hasil kerajinan emas dan perak dalam ragam perhiasan Minangkabau dalam mendukung kegiatan pameran bersama. Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menampilkan berbagai ragam kerajinan perak dari koleksi Museum Kotagede Yogyakarta. Pameran bersama mengangkat tema “Kerajinan Karya Budaya Hasil Tambang”, pameran telah melalui proses kajian koleksi yang bekerjasama dengan perguruan tinggi di Sumatera Barat. 



Sejarah panjang hasil tambang di bumi pertiwi menghasilkan berbagai karya budaya yang menjadi identitas Bangsa Indonesia yang termahsyur, berbagai karya budaya telah hadir sepanjang masa dalam berbagai bentuk menjadi mahakarya.



Bersama Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan pameran bersama, pameran di mulai Rabu, 26 s.d. 30 Oktober 2022 dengan judul “Jalinan Mahakarya Budaya”, untuk koleksi dari Museum Adityawarman yang dipamerkan tetap dapat terus dikunjungi sampai tahun 2023.



Peresmian pembukaan direncanakan Bapak Gubernur Sumatera Barat dan didampingi Bapak H. Syaifullah, S.Pd., M.M. Kepala Dinas Kebudayaan Prov. Sumatera Barat dan Ibu Dian Lakshmi Pratiwi, S.S., M.A. Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari rabu, 26 Oktober 2022 mulai pukul. 09.00 wib.Pameran bersama berlokasi ruang pamer utama lantai 1 sisi timur bangunan museum, pengunjung dapat mengunjungi ruang pamer selasa s.d. minggu (senin tutup) mulai pukul 08.30 hingga 16.00 wib. Koleksi pada pameran bersama ini dipamerkan sebanyak 90 koleksi terdiri dari 75 koleksi milik Museum Adityawarman dan 15 koleksi milik Museum Kotagede Yogyakarta.Pameran mengunakan teknik pamer gabungan dengan pembagian zona alur kisah (storyline), awal alur kisah pameran dengan teknik kronologis dengan menyampaikan narasi pengantar dan legenda tambang di dua zona, kemudian Teknik taksonomi dengan menyampaikan pengelompokan koleksi berdasarkan bahan, dimensi, dan fungsi koleksi.Kegiatan pameran dirangkai dengan kegiatan “Jumpa Sahabat Museum” (JSM) dilaksanakan kamis, 27 Oktober 2022, kegiatan dalam bentuk talkshow sebagai upaya mengangkat potensi museum dan promosi serta publikasi positif yang bertujuan untuk lebih mendekatkan museum kepada masyarakat. Tema dari JSM “Lintas Budaya Minangkabau Yogyakarta, Sebagai Penguat Karakter Generasi Muda”, kegiatan menghadirkan Kepala Dinas Kebudayaan Prov. Sumatera Barat sebagai narasumber sentral dengan peserta siswa dan guru dari sepuluh SMA pilihan di Kota Padang.Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mewujudkan pameran temporer tahun 2022, semoga apa yang disampaikan melalui media pamer menjadi sarana edukasi untuk masyarakat, saran dan masukan pengembangan msangat diharapkan untuk pengembangan pameran berikutnya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS