Ticker

6/recent/ticker-posts

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius Buka IHT Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Padang



SMA Negeri Padang mengadakan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka selama 2 hari dalam rangka menyambut pergantian kurikulum baru. IHT dilaksanakan di ruang majelis guru mulai tanggal 11-12 November 2022, dan diikuti oleh semua guru SMA Negeri Padang. Adapun narasumber dalam IHT Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut adalah Irawati M.Pd dari Balai Guru Penggerak (BPG) dan Drs Cecep Trisnaldi dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat


 


Acara IHT hari pertama diawali dengan sambutan Komite SMA 3. Dalam sambutannya, komite sekolah sangat mendukung setiap kegiatan yang akan meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Padang. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar SMAN 3 Padang, yang masuk dalam 10 sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka” ujar Marlim Komite SMAN 3 Padang.


 


 


Kepala SMAN 3 Padang Dra Ifna Sukmi M.Pd dalam sambutannya mengharapkan agar semua guru mengikuti pelatihan dengan maksimal.


 


In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka yang diadakan oleh SMA Negeri 3 Padang merupakan kegiatan mandiri dalam rangka mengantisipasi perubahan kurikulum yang pada saatnya nanti akan diterapkan kepada peserta didik. Para guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum di lapangan tersebut perlu mendapat bimbingan teknis agar pelaksanaan kurikulum berjalan sebagaimana mestinya.




“Kami harap bapak dan ibu guru semuanya bisa mengikuti acara IHT Implementasi Kurikulum Merdeka ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal, sehingga ilmu yang disampaikan oleh narasumber bisa dipahami dengan baik, sehingga pada saatnya nanti bisa diterapkan dengan baik pula,” ujar Buk Uut panggilan Ifna Sukmi.


 


Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs Barlius dalam sambutannya mengatakan In House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap tahun ajaran baru. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. IHT kali ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila “Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar”.


 


Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang mereka miliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.


Baca Juga : Apel Pagi Menjalin Silaturrahmi Dan Sumber Informasi

 


“Sejatinya kurikulum memang setiap saat harus berubah atau diganti. Hal ini dilakukan agar kurikulum dapat mengikuti perkembangan zaman di mana kemajuan teknologi begitu cepat, terutama perkembangan informasi teknologi, sehingga harus diantisipasi dengan adanya perubahan kurikulum tersebut,” jelas Barlius.


 


“Selamat buat SMAN 3 Padang yang sudah masuk dalam 10 sekolah penggerak tahun 2021. Hal ini tentu butuh dukungan dari seluruh majelis guru dilingkungan SMA 3″ ujar mantan Kadisdik Kota Padang ini.


 


Meski batas usia guru penggerak 50 tahun ujar Barlius, diharapkan kepada guru yang diatas 50 tahun tidak berkecil hati dan guru penggerak bisa menimba pengalaman dari guru-guru senior” ungkapnya


 


Acara pembukaan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka dihadiri oleh Kepala Balai Guru Penggerak Sri Yulianti MPD, Pengawas Fitridiah S.Pd. MM serta majelis guru SMAN 3 Padang


 


(Marlim)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS