Ticker

6/recent/ticker-posts

Di UNP, Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, S.H Menjadi Narasumber Seminar Kebangsaan




Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, S.H. tampil menjadi Narasumber Seminar Kebangsaan FBS Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan pada Senin (10/10) bertempat di Teater Tertutup Mursal Esten, Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.


Kegiatan Seminar Kebangsaan ini diikuti oleh pengurus organisasi dan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang dengan tema "Pentingnya Pemahaman Demokrasi dalam Berbangsa dan Bernegara".



Narasumber Seminar Kebangsaan, Pariyanto, S.H. yang juga Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya menyampaikan bahwa wawasan demokrasi sangat penting karena inti demokrasi adalah pemerintah itu dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.



"Kebijakan yang dihasilkan untuk menyelenggarakan pemerintahan di Indonesia jelas dihasilkan melalui proses demokrasi," jelas Pariyanto, S.H.


Untuk itu kata Pariyanto, S.H., mahasiswa jangan menjauh dari demokrasi dan harus berada pada garda terdepan dalam kesetaraan demokrasi.



"Mahasiswa dan generasi muda harus belajar dan jangan menjauh dari demokrasi karena kalau menjauh bisa jadi orang baik tidak mendapat kesempatan memimpin pemerintahan," tambah Pariyanto, S.H.


Lebih lanjut kata Pariyanto, S.H., saripati dalam undang-undang dasar kita dihasilkan oleh tokoh-tokoh pemikir bangsa dan di antara tokoh-tokoh itu banyak dari Minangkabau dan kita perlu kembali memikirkan untuk menghasilkan tokoh-tokoh bangsa dari Minangkabau.


"Ciri-ciri negara demokrasi adalah adanya lembaga perwakilan rakyat, adanya pemilihan umum, adanya pengawasan terhadap pemerintah, adanya peradilan, adanya kebebasan berpendapat, adanya jaminan hukum," jelas Pariyanto, S.H.


Selain itu, Pariyanto, S.H. juga menyampaikan setiap warga negara memiliki hak demokrasi yang sama tanpa membedakan tingkat pendidikan, jabatan, ekonomi dan sebagainya seperti dalam hal menghasilkan wakil rakyat, presiden, gubernur, bupati, walikota.



Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menyampaikan apresiasi kepada bidang Kemahasiswaan dan Pengurus Organisasi Mahasiswa yang telah menyelenggarakan Seminar Kebangsaan ini.


"Wawasan kebangsaan dalam konteks pentingnya pemahaman demokrasi dalam berbangsa dan bernegara sangat penting diketahui dan dipahami," tambah Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.


Untuk itu, kata Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., kegiatan Seminar Kebangsaan sangat penting diikuti dengan baik untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan bernegara.


Pada kegiatan tersebut, Wakil Dekan III FBS Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Indra Yuda, M.Pd., Ph.D. menyampaikan bahwa demokrasi itu adalah penting karena banyak kita melihat mahasiswa belum berpartisipasi secara baik dalam pengembangan demokrasi.



"Kita mahasiswa di dalam kampus harus memahami dan mengerti persoalan berdemokrasi dan berkebangsaan," jelas Indra Yuda, M.Pd., Ph.D. (MR)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS