Ticker

6/recent/ticker-posts

10 Siswa MAN 2 Kota Padang Terima Zakat BAZNAS Provinsi



Padang, Jurnalissumbar 


Sebanyak 10 siswa MAN 2 Padang menerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Barat. Penyerahan dilakukan kepala madrasah Akhri Meinhardi, di ruang kerjanya, Selasa (04/10/2022).


Ikut hadir dalam penyerahan itu, wakil kepala (Waka) bidang akademik, Yuliasman, Waka bidang kesiswaan, Yusmal Yani, Waka bidang humas, Al Anshari, dan para guru bimbingan konseling (BK).


Kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi, menyampaikan bahwa bantuan zakat itu berasal dari BAZNAS Provinsi yang disalurkan melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) kanwil Kemenag Sumatera Barat.


"Zakat seluruh ASN Kemenag Sumbar dikumpulkan, lalu dibagikan kembali kepada madrasah untuk membantu siswa yang tidak mampu," kata Akhri Meinhardi.


Dia menyebut, 10 orang siswa kurang mampu tersebut terpilih sebagai mustahiq, setelah melalui proses pendataan dan seleksi yang ketat yang dilakukan guru Bimbingan Konseling.


"Alhamdulillah, masing-masing siswa kita mendapatkan 1 juta perorang. Kita berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu biaya pendidikan," sambung Akhri Meinhardi.


Lebih lanjut, Akhri Meinhardi menuturkan, bahwa bantuan zakat dari UPZ kanwil itu, merupakan kelanjutan program untuk siswa kurang mampu dan sudah memasuki tahun ketiga.


Akhri Meinhardi meminta siswa penerima zakat, agar menjadikan bantuan tersebut sebagai support internal bagi diri, sekaligus untuk memotivasi diri agar kedepannya lebih baik.


"Yang tidak mampu itu bukan ananda tapi orang tuamu. Nanti ananda bisa membalikkan keadaan setelah ananda menjadi orang hebat, jangan merasa rendah diri," ucapnya.


Menurutnya, setiap manusia yang lahir, telah ditentukan jalan hidupnya. Dia lahir dari rahim siapa dan dalam kondisi ekonomi bagaimana, maka jadikan itu sebagai ikhtibar untuk memacu diri sendiri agar berprestasi.


"Sungguh-sungguh dalam belajar, buktikan bahwa ananda siswa hebat, hari ini jadi mustahiq, mudah-mudahan nantinya akan mampu menjadi muzakki," pungkas Akhri Meinhardi. (ArulDp)



Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS