Ticker

6/recent/ticker-posts

Syukuri Nikmat Kemerdekaan, MAN 2 Kota Padang Gelar Makan "Barapak"

Syukuri Nikmat Kemerdekaan, MAN 2 Kota Padang Gelar Makan "Barapak"Rabu (17/08/2022). Foto Rul


Padang, Jurnalissumbar


HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, warga MAN 2 Kota Padang menggelar makan "Barapak", Rabu (17/08/2022). Makan "Barapak" digelar untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan sekaligus mempererat silaturahmi sesama warga madrasah.


Makan barapak adalah tradisi makan dengan cara duduk bersama di dalam suatu ruangan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Tradisi ini umumnya dilangsungkan pada hari-hari besar agama Islam dan berbagai upacara adat, atau pertemuan penting lainnya.


Kegiatan yang digelar di aula Abu Bakar Shiddiq ini, diikuti kepala madrasah Akhri Meinhardi, ketua komite Syaifunir Husein, para wakil kepala, Ka-TU Arisman, pegawai, hingga guru-guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG) MAN 2 Padang.


Menurut Al Anshari, kegiatan tersebut terselenggara berkat partisipasi semua warga madrasah, baik guru maupun pegawai tata usaha MAN 2 Kota Padang


"Masing-masing KKG/pegawai bertanggung jawab membawa "rantang" dari rumah. Rantang itu berisikan nasi beserta sambal dan lauk pauknya," kata wakil kepala bidang humas ini.


Dengan duduk baselo (bersila) dan basimpuah (bersimpuh), nampak guru/pegawai sangat antusias menikmati hidangan. Mereka melahap sajian berupa makanan khas kampung serta buah-buahan.


"Ada sambal kalio jariang, telur bulat, sambal teri, sampadeh ikan, gulai ayam dan menu khas kampung lainnya menambah selera makan," kata Ronal Yulmiando guru seni dan budaya MAN 2 Padang.


Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi mengaku senang atas berbagai kegiatan yang digelar dalam memeriahkan HUT ke-77 RI. Salah satunya adalah kegiatan makan "Barapak".


"Acara ini merupakan upaya kita untuk tetap melestarikan hubungan silaturrahmi melalui makan bersama. KKG bawa rantang, dan itu menumbuhkan kerjasama, kerjasama melanggengkan silaturahmi," ujarnya.


Kedepan, kata Akhri Meinhardi, acara seperti ini mesti terus dilaksanakan dan dipertahankan. Menurut dia, banyak nilai-nilai positif yang diambil dari makan "Barapak", salah satunya mampu memupuk hubungan kebersamaan.


"Kita makan bersama sambil ngobrol-ngobrol, ketawa, ini bisa mencairkan hubungan sesama warga madrasah," ulasnya. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS