Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Unand Melakukan melakukan pengawetan telur dengan cara pemindangan mengunakan rempah-rempah yang ada di dapur "




Nama : Krisma Hidayah

Mahasiwa  jurusan Peternakan Universitas Andalas 

Telur unggas adalah salah satu makanan yang sudah umum dikenal. Kebanyakan jenis telur yang dikonsumsi adalah telur ayam, bebek dan angsa, dan telur puyuh. Telur ayam merupakan yang paling umum dikonsumsi dan sangat bernutrisi tinggi. Telur ayam banyak mengandung berbagai jenis protein berkualitas tinggi termasuk mengandung semua jenis asam amino esensial bagi kebutuhan manusia. Selin itu telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflacin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, choline, besi, kalsium, fosfor dan potasium. Telur ayam juga merupakan makanan termurah sumber protein yang lengkap. Dalam Satu butir telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 7 gram protein.

Kandungan vitamin A, D dan E terdapat dalam kuning telur. Telur memang dikenal menjadi salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori. Satu kuning telur besar mengandung dua per tiga jumlah kolesterol harian yang dianjurkan yaitu 300 mg. Lemak dalam telur juga terdapat dalam bagian kuning telur. Satu kuning telur juga mengandung separuh jumlah choline harian yang dianjurkan. Choline merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan juga sangat penting untuk wanita hamil dan menyusui untuk memastikan perkembangan otak janin yang sehat.

Kandungan nutrisi telur ayam memang berbeda-beda tergantung dari makanan dan kondisi lingkungan induk ayamnya. Penelitian dari Mother Earth News menunjukkan bahwa telur dari ayam yang diternakkan bebas di padang rumput mengandung asam lemak Omega-3 empat kali lebih banyak, vitamin E dua kali lebih banyak, beta-karoten dua sampai enam kali lebih banyak dan kolesterol hanya separuh daripada kandungan telur dari ayam yang hanya diternakkan di kandang dengan penghangat buatan.

“Telur memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi namun memiliki waktu simpan yang relatif singkat. Sehingga alternatif pengolahan telur dalam bentuk usaha pengawetan sangat penting untuk mempertahankan kualitas telur “ujar krisma . 

Hal ini yang menjadi dasar dari Universitas Andalas yang terdiri dari 25 mahasiswa bersama ibu-ibu nagari silokek  untuk melaksanakan kegiatan dengan tema “ Pembuatan Telur Pindang dengan Mengunakan Rempah-Rempah Alami di Rumah Warga Nagari Silokek”

Usaha pengawetan  yang bisa dilakukan yaitu dengan cara pemindangan. Umumnya telur yang dibuat menjadi telur pindang adalah telur ayam dan telur puyuh. Pemindangan merupakan salah satu bentuk pengolahan dengan kombinasi penggaraman dan perebusan. Telur pindang merupakan produk olahan telur tradisional yang menggunakan bahan penyamak protein. Protein akan terdenaturasi jika kontak dengan bahan penyamak, misalnya tanin. Bahan-bahan yang dapat digunäkan untuk menyamak telur antara lain kulit bawang merah, daun jambu biji dan air teh. Pemindangan telur dapat menyebabkan telur rebus tersebut sedikit lebih awet daripada perebusan telur dalam air biasa. “ ujar krisma “


 

Pada proses pemindangan telur digunakan daun jambu biji atau kulit bawang merah yang menyebabkan warna kulit telur menjadi kecoklatan dan akan memberikan citarasa yang khas. Selain itu daun jambu biji diduga mengandung tanin yang bersifat menyamak kulit telur sehingga memperpanjang umur simpan telur. Tanin tersebut akan menyebabkan protein yang ada dipermukaan kulit telur menggumpal dan menutupi pori-pori telur, sehingga telur menjadi lebih awet karena kerusakan telur dapat dihambat. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapakan ilmu yang kita bagikan kepada ibu-ibu dapat bermanfaat dan bisa meningkatkan hasil pendapatan masyarakat nagari silokek karena selain bisa dikonsumsi telur pindang juga dapat dijual kepada wisatawan yang datang ke geopark ranah minang silokek” jelas krisma saat menyampaikan materi. 

Ibu-ibu PKK nagari silokek ikut hadir saat acara demontrasi pembuatan telur pindang ini. Pengawetan telur dengan cara pemindangan ini selain bisa memperpajang masa simpan telur juga sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan biaya yang banyak karena terbuat dari rempah-rempah yang ada di dapur. “Ujar kak Irma” ( salah seorang ibu pkk yang ada di nagari silokek)

Demonstrasi pembuatan telur pindang ini disambut antusias oleh ibu-ibu PKK Nagari Silokek. “Kami sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini, karena bisa menambah ilmu dan pengetahuan kami  tentang cara memperpanjang masa simpan telur hanya dengan mengunakan rempah-rempah yang ada didapur”. Ujar kak Eva salah seorang warga Nagari Silokek yang ikut dalam kegiatan ini. 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS