Ticker

6/recent/ticker-posts

Terima Hewan Kurban dari Kemenag, Walinagari Sebut Asrama Haji Ikon Masyarakat Sungai Buluah

H. helmi kunjungi Asrama Haji Sungai buluah Kasang bersama walinagari Selasa foto rin

Meningkatkan fungsional Asrama Haji Padang Pariaman, Kementerian Agama Sumatera Barat melakukan penyembelihan hewan kurban di Mesjid Asrama Haji, Selasa (12/7). 


Satu ekor sapi kurban ASN Kanwil Kemenag Sumbar diserahkan Kepala Kanwil kepada pengurus dan pemerintah Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. 


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi didampingi Ketua Dharmawanita, Ny. Nazifah dan Kepala Bidang PHU, Joben meninjau langsung proses penyembelihan hewan kurban ini. 


Mantan Kakan Kemenag Padang Pariaman ini mengatakan pelaksanaan kurban ini bertujuan meningkatkan kesalehan umat baik kesalehan pribadi maupun kesalehan sosial. 


Disebutkan Kakanwil, tahun ini jajaran Kementerian Agama Sumatra Barat menyembelih 16 ekor sapi dan 3 ekor kambing. 12 ekor disebar ke daerah kabupaten kota dan sisanya disembelih di Kanwil Kemenag. 


"Hewan kurban ini kita sebar ke kabupaten kota, salahsatunya di Mesjid Asrama Haji Padang Pariaman ini. Dan ini kurban perdana untuk Mesjid Asrama Haji Padang Pariaman," ungkap Kakanwil. 


Kakanwil memberikan apresiasi yang tinggi kepada walinagari dan pengurus yang telah memfungsionalkan gedung dan mesjid Asrama Haji Padang Pariaman ini. 


"Kita berharap, khususnya kepada masyarakat di sini bisa sama-sama kita pelihara bangunan asrama haji ini. Baik keamanan maupun kebersihannya," harap Sumando Padang Pariaman ini. 


Sehingga sambung Helmi, betul betul kelihatan kerjasama yang baik dan solidaritas, baik antara ASN Kemenag dengan masyarakat maupun dengan pemerintah daerah di sini," sambung Kakanwil. 


Sementara Walinagari Sungai Buluah Selatan, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Agama Sumatera Barat atas pelaksanaan kurban di Komplek Asrama Haji Padang Pariaman. 


"Daging ini akan kami bagikan kepada masyarakat di sekitar Asraka Haji. Kami berharap ke depan lebih ditingkatkan lagi. Jika tahun ini satu ekor tahun depan bisa 5 atau 6 ekor, sehingga terpenuhi kebutuhan masyarakat kita," pinta Afrizal. 


Kemudian terkait keberadaan Asrama Haji Padang Pariaman, Afrizal bersama masyarakat Sungai Buluah Selatan berharap bangunan Asrama Haji ini bisa diselesaikan dengan baik dan bisa dimanfaatkan. 


"Saat ini kami masyarakat sudah memanfaatkan mesjid ini. Kemarin kita sudah melaksanakan Salat Tarawih, Salat Idul Fitri dan Idul Adha," tuturnya. 


Selain itu, kata Afrizal masyarakat sangat berbangga sekali dengan keberadaan Asrama Haji ini dan menjadi ikon di Sungai Buluah Selatan. 


"Untuk itu kami minta kepada bapak bapak yang berkepentingan mari bersama-sama kita selesaikanlah pembangunan ini. Karena dari 10 hektar yang diberikan Pemda Padang Pariaman ini, baru sebagian kecil yang terbangun," begitu harapannya. 


Disampaikan Walinagari ini, Pemerintah tidak  usah ragu-ragu. Kita selesaikan pembangunan ini, sehingga benar-benar masyarakat Sungai Buluah Selatan ini berbangga dan bisa memanfaat ini dengan sebaik baiknya," tukas Walinagari. 


"Karena kami hanya bisa berbangga, pergi ke Makkah belum tentu bisa karena persoalan keuangan. Tetapi jika orang berangkat ke Makkah di sini, ini sudah menjadi kebanggaan bagi kami," pungkas Afrizal. RinaRisna

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS