Ticker

6/recent/ticker-posts

Larangan tidur menghadap ke kuburan surau simawuang

foto artikel 


OLEH : Jimmy Erianto Mahasiswa Universitas Andalas jurusan Sastra Minangkabau


            Di sijunjung tepatnya didaerah Simauang terdapat sebuah foklor sebagian lisan yang dipercayai oleh masyarakat tentang mitos atau kepercayaan mengenai larangan tidur menghadap kuburan.

Di surau simauang terdapat satu kuburan yang berada di dalam surau, kuburan ini merupakan kuburan tempat pemakan  para syekh. salah satu masyarakat simauang yang bernama angku simawuang. Angku simawuang ini merupakan masyarakat sekaligus orang yang mengelola kuburan makam syekh di surau simauang. beliau menceritakan salah satu kepercayaan rakyat tentang larangan tidur menghadap kuburan surau simauang,ia mengatakan jangan tidur menghadap kuburan surau simauang  jika tidur menghadap kuburan surau simauang akan dipindahkan oleh jin penghuni makam surau simauang. konon katanya dahulu ada salah satu wisatawan yang berkunjung ke makam syekh surau simawuang ia menginap beberapa malam di surau di bawah makam syekh yang ada di dalam surau simawuang, angku simawuang sudah berpesan kepada dia bahwa jika tidur di surau ini jangan menghadap kuburan makamn syekh yang ada dalam surau simawuang akan di pindahkan oleh penghuni atau jin, lalu wisatawan  ini tidak percaya pada perkaraan angku simawuang tersebut dia tetap ngeyel tidur menghadap kuburan,ke esokan paginya ia terkejud dia terdidur di antar makam syekh yang ada di surau simwauang tersebut, kemudian ia menceritakan kepada angku simawuang dan masyarakat setempat atas kejadian itu. Hingaa saat kejadian itulah masyarakat dan orang yang berkunjungn di surau simauang ini mempercayai larangan tidur menghadap kuburan surau simawuang.

Saya mengkasifikasikan mitos rakyat ini ke dalam genre atau kepercayaan rakyat, karena mitos ini menurut informan dipercayai oleh rakyat daerah simawuang dan dianggap benar benar pernah terjadi.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS