Ticker

6/recent/ticker-posts

KEASRIAN YANG DIMILIKI WISATA PEMANDIAN ANAI LAND

Oleh: Muthia calista mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau, fakultas ilmu budaya dari universitas andalas.  


 

​Keasrian adalah sahabat bagi wisata-wisata yang ada di Sumatera Barat khususnya wisata alam. Wisata alam yang ada di Sumatera Barat ini dihikmahi oleh Tuhan dengan keasrian juga keindahannya. Sumatera Barat kaya akan wisata alam salah satunya wisata alam seperti pemandian Anai Land yang berlokasi di perbatasan antara kabupateran Padang Pariaman dan kabupaten Tanah Datar yaitu Kandang Ampek, berkecamatan di 2X11 Kayu Tanam. Jika ditempuh dari Kota Padang, akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat.

​Di Anai Land ini cukup unik dibandingkan tempat wisata pemandian lainnya, karena di sini tidak hanya menawarkan satu tempat pemandian saja, melainkan menawarkan 2 sekaligus tempat pemandian, yaitu Tirta Alami dan Puncak Anai. Pada Tirta Alami, lebih diutamakan untuk wisatawan yang menyukai pemandian, sedangkan di Puncak Anai tidak hanya untuk pemandian saja, melainkan bisa digunakan wisatawan untuk melakukan perkemahan, home stay dan bertamasya.

​Tempat wisata pemandian Anai Land ini memiliki manajemen yang terarah dan dikelola dengan sangat baik, mulai dari manajemen wisatanya, persedian yang akan dibutuhkan selama berwisata, serta manajemen untuk mengelola ukm-ukm kecil yang berjualan di dalam tempat wisata. Ini merupakan salah satu upaya untuk menjalankan wisata agar tetap berjalan dengan baik dengan memiliki manajemen wisata yang baik.

Wisatawan yang ingin berkunjung di Anai Land biasanya akan dikenakan biaya masuk,, biaya masuk tersebut terbagi-bagi seperti biaya untuk orang dewasa akan berbeda dengan biaya untuk anak-anak. Tetapi diperkirakan tarifnya tersebut sekitar 10rb sampai 20rb-an saja. Selain Anai Land wisata yang kaya akan keasrian alamnya, ia termasuk salah satu wisata yang memakan tarif yang sangat murah untuk memasukinya. Dengan harga segitu saja, kita sudah bisa memilih 2 tempat pemandian yang kita inginkan yaitu Tirta Alami dan Puncak Anai. Tidak ada yang dibeda-bedakan untuk tarif masuknya sendiri ke dalam 2 tempat tersebut. Untuk itu banyak sekali orang-orang pergi wisata ke tempat ini.

​Dari banyaknya pengunjung yang pergi wisata ke tempat pemandian Anai Land ini tidak hanya pengunjung-pengunjung pribumi saja, justru lebih banyak pengunjung dari luar daerah tersebut, bahkan pengunjung dari luar Sumatera Barat. Ini termasuk suatu pencapaian yang sangat baik bagi wisata alam minangkabau karena apabila telah diketahui oleh orang luar, menjadi sangat berpotensi. Apabila semakin banyak pengunjung yang ingin berkunjung, dan ini akan meningkatkan nilai serta pemasukan dari wisata tersebut.

​Ada pun beberapa alasan mengapa Anai Land harus untuk dikunjungi yaitu Anai Land masih sangat asri, hijau, di tempat pemandiannya sangatlah rindang, dan belum banyak dicampur oleh tangan-tangan manusia. Hanya saja, orang-orang pribumi yang mengurus tempat tersebut akan mengupayakan agar tempat wisata tetap nyaman dipandang, akan selalu diupayakan perbaikan agar pengunjung tidak mendapatkan keluhan terhadap tempat wisatanya, dan tentu saja orang-orang pekerja di tempat ini setiap harinya membersihkan tempat tersebut agar selalu terjaga kebersihannya.

​Selain itu, wisata pemandian Anai Land akan menyediakan tempat parkir bagi pengendara-pengendara wisatawannya seperti tempat parkir mobil atau motor maupun parkir untuk bis parawisata. Tentu akan memakan banyak tempat untuk parkiran sendiri. Tetapi ini tidak lagi dikhawatirkan bagi para pengunjung, karena wisata alam pemandian Anai Land sangatlah besar, tentu banyak tempat yang bisa digunakan untuk tempat parkirnya sendiri.

​Keadaan sesungguhnya adalah Anai Land terletak di daerah perbukitan yang masih memiliki banyak pepohon, tetapi karena sudah dirancang untuk wisata pemandian, maka dari itu tempat wisata ini sudah mudah diakses oleh semua orang diberbagai daerah. Ketika pengunjung akan masuk ke dalam wisata pemandian Anai Land, jalannya akan sedikit mendaki dan menurun untuk itu akan lebih baik jika pengunjung lebih berhati-hati mengendara, atau mengendara dengan pelan.

​Selama perjalanan, pengunjung akan melihat dan lalu bersyukur atas apa yang telah Tuhan ciptakan di dunia ini karena memang semua keindahan alam yang diciptakaan Tuhan untuk dinikmati dan disyukuri oleh manusia manusia sebagai penghuni bumi. Sepanjang jalan menuju wisata pemandian Anai Land ini, kanan dan kiri jalan akan disambut oleh pepohon yang masih sangat hijau, serta udaranya yang serasa seperti dihembus oleh angin surga. Pengunjung tidak akan bosan dan akan menikmati sekali perjalanannya menuju wisata pemandian Anai Land.

​Anai Land biasa disebut oleh kalangan anak muda sebagai tempat wisata family friendly, ramah untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga lansia. Maka dari itu akan lebih sempurna bila berwisatawan ke tempat wisata pemandian Anai Land ini dengan teman atau dengan keluarga, karena tempat ini sangat besar dan bisa menampung banyak orang. Di dalam Anai Land pengunjung tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari makanan atau cemilan, karena orang-orang pribumi banyak yang berjualan makanan di tempat wisata ini, berbagai macam makanan yang dijual, seperti mie instan, nasi goreng, lontong, kerupuk kuah, dan berbagai macam minuman.

​Tidak lupa juga bahwa di tempat wisata pemandian Anai Land ini merental benen atau pelampung untuk mandi, dan uniknya perlengkapan mandi ini bisa dirental oleh semua umur, dari anak-anak hingga orang dewasa. Harga rentalnya pun sangat murah, banyak pengunjung yang akan merental benen atau pelampung tersebut, karena kurang lengkap rasanya jika mandi mandi tidak menggunakan benen atau pelampung. Benen atau pelampung bisa digunakan untuk bersantai di atas air. Akan banyak sekali yang bisa ditemukan di tempat wisata pemandian Anai Land ini, selain keasrian alamnya, hutan yang belum tersentuh oleh tangan manusia, monyet-monyet penghuni hutan Anai Land akan mudah terlihat ketika saat  mengunjungi tempat wisata pemandian Anai Land.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS