Ticker

6/recent/ticker-posts

Helmi, Kakanwil Kemenag Sumbar Tutup Matsama 2022 MAN 2 Kota Padang

Kakanwil Kemenag Helmi, menutup secara resmi Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) 2022 MAN 2 Kota Padang, Sabtu (16/07/2022) di hall Umar bin Khattab.

Padang, Jurnalissumbar


Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Helmi menutup secara resmi Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) 2022 MAN 2 Kota Padang, Sabtu (16/07/2022) di hall Umar bin Khattab. Matsama yang sudah berlangsung empat hari tersebut berjalan dengan lancar dan diikuti 481 peserta didik baru.


Nampak hadir dalam penutupan tersebut, Ny Zaifah Helmi ketua DWP Kanwil kemenag, kakankemenag Kota Padang Edy Oktafiandi, kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi, ketua komite Syaifunir Husein, wakil kepala, Ka-TU Arisman, pembina OSIM Betty Revita, guru/pegawai, panitia dan peserta didik baru.


Dalam sambutannya, kakanwil Kemenag Sumbar Helmi berterimakasih kepada MAN 2 Padang yang telah melaksanakan PPDB 2022 dan mengapresiasi pelaksanaan Matsama yang berlangsung lancar dan sukses.


"Matsama adalah masa ta'aruf santri madrasah, dimana disitu ada proses pengenalan guru, lingkungan, cara belajar dan lain sebagainya.  Setelah itu akan muncul sikap tafahhum (saling memahami), kemudian ta'awun (saling menolong) lalu timbullah taqarrub (satu hati)," katanya.


Dia berharap seluruh civitas akademika agar menyatukan hati dalam membangun madrasah dan mengajak peserta didik agar dalam belajar menggunakan rumus "ABC" yaitu amanah, berprestasi dan cerdas.


"Jadilah anak yang amanah, punya integritas kepribadian. Karena berdasarkan hasil penelitian, keunggulan madrasah adalah amanah dan kepribadian, contohnya saja tidak ada terdapat anak madrasah yang terlibat tawuran," ujarnya memotivasi.


Helmi mengatakan, apabila siswa ingin berhasil maka gunakan waktu sebaik-baiknya dalam belajar. Ia mengajak siswa untuk meninggalkan kebiasaan buruk, seperti malas belajar serta bangun kesiangan.


"Tuntutlah ilmu sehingga bisa berprestasi, cerdas, seperti nabi Muhammad SAW yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual," sambungnya.


"Jangan banyak minum es, apalagi dipagi hari, kalau ananda ingin sukses, ikuti pelajaran sepenuh hati," tutupnya melalui pantun yang diiringi tepuk tangan gemuruh peserta Matsama.


Kepala MAN 2 Padang Akhri Meinhardi mengatakan bahwa setiap tahun madrasah ini telah banyak melahirkan siswa-siswa hebat. Hal itu terlihat dari banyaknya siswa diterima di PTN dan prestasi lainnya.


"Tahun ini ada sebanyak 389 siswa di terima  di PTN, baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun SPAN-PTKIN dan tahun ini juga ada 7 siswa kita diterima di Polri," katanya dihadapan kakanwil Kemenag Sumbar.


Kedepan, kata Akhri Meinhardi, MAN 2 Padang akan terus berbenah dan berpacu dalam mewujudkan prestasi-prestasi, sehingga icon MAN 2 Kota Padang sebagai barometer madrasah tingkat Provinsi akan tetap ada dan eksis sepanjang masa.


"Untuk mempertahankan itu, kami menunggu prestasi peserta didik baru. Perlihatkan bahwa MAN 2 Padang hanya untuk siswa hebat dan berkarakter," pungkasnya.


Rangkaian penutupan "Matsama 2022" ini ditandai dengan pelepasan tanda peserta oleh kakanwil Kemenag Sumbar Helmi, Selanjutnya kegiatan diisi dengan penampilan parade ekstra kurikuler yang ada di MAN 2 Padang. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS